Welcome to the Club DM

Wah tak terasa uda mau masuk di tahun yang baru, dan sudah lama juga saya tidak menulis sesuatu di blog ini.Kali ini saya ingin menulis sesuatu yang terjadi pada tubuh saya

Pada bulan Oktober lalu tepatnya minggu ketiga, saya merasakan sakit luar biasa ketika akan buang air kecil, juga pinggang mengalami sakit. Setelah didiagnosa dokter katanya ada batu di saluran kemih. Dengan berbagai pertimbangan akhirnya masuklah ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

Hasil pemeriksaan lebih lanjut dengan pelbagai hasil lab dan foto maka saya dapat diobati tanpa operasi. Satu lagi hasil dari sakit ini ternyata saya diberitahu bahwa gula darah saya cukup tinggi sekitar 260. WUIHHHH, tinggi banget ya, sebelumnya sih belum pernah periksa lab. untuk lihat gula darah. Akhirnya sejak itu saya harus minum obat diabetes. 

Keluarga saya baik dari papi mami memang terdapat turunan  penyakit gula. Opa saya dulu meninggal karena DM, mami saya udah kena DM selama 30tahun, sepupu saya usia 9tahun kena DM semenjak usia 1tahun dan harus pake insulin, ada Om serta tante dinyatakan kena gula sekitar 2 tahun terakhir. 

Dengan dinyatakan oleh dokter bahwa saya kena DM maka pola makan dan menu yang dimakan akhirnya berubah lumayan. Kl menu tidak terlalu ekstrem berubahnya, tp porsi makan yang cukup berubah banyak.Sejak sakit smp detik ini, saya berhasil menurunkan BB lebih kurang 2kg dan gula darah saya turun sekitar 138 dengan pemeriksaan sewaktu. 

Ya begitulah dengan adanya penyakit ini, tidak bisa sembarangan makan sesuatu. Tapi untungnya sebelum sakit sudah terbiasa kurangi gula, makan manis2, minum manis2, kurangi garam. Dan yang penting tdk tergoda makan minum berlebih ketika sedang menghadiri acara yang ada perjamuan makan minumnya

Buat rekan-rekan yang belum sakit, tetap jaga kesehatan, bila memungkinkan pergilah ke lab. untuk cek segala sesuatu, minimal gula dan kolesterol. Keep Healthy guys! 

Btw sekarang tanggal 27 Desember 2016, dan sudah 2 bulan berarti saya hidup dengan DM. 

[182\365] Eksotisme Pantai Kondang Merak

Sebenarnya postingan ini ga sengaja ditulis untuk blog ini, tulisan ini ditujukan untuk mengisi blog travel sebelah. Karena saya tidak pakai WA sehingga saya tidak dapat mengetahui apa-apa yang hendak ditulis oleh rekan-rekan yang lain. Begitu tulisan ini selesai saya tulis dan akan saya copas ke blog travel, saya biasanya mesti cek postingan yang masih dipending atau draft eh ga dinyana kok ada yang sama temanya. Karena udah terlanjur ditulis ya dipublish dimari saja, kan eman dah nulis panjang-panjang eh ga jadi dipublish. Gitu aja dah intronya, selanjutnya silahkan baca di bawah ini ya mengenai Kondang Merak

Header KM

Continue reading

[181\365] Sitasi dan Bibliografi Otomatis dalam MS Word

Bagi sebagian orang menulis adalah salah satu kegiatan utama mereka, terutama yang berkecimpung dalam dunia akademis. Dalam dunia akademis tidak pelak mereka dituntut untuk membuat suatu tulisan semisal paper, tugas akhir, thesis, desertasi ataupun membuat sebuah artikel untuk jurnal. Suatu permasalahan muncul karena meskipun sudah lama berkecimpung dalam dunia akademis (lebih-lebih yang masih baru) belum tentu mereka paham dan tahu tentang cara menuliskan suatu sitasi dan atau membuat daftar pustaka/bibliografi. Disini saya tidak akan menerangkan atau menjelaskan sitasi dan bibliografi itu apa. Silahkan dicari pengertiannya sendiri melalui google atau guru bahasa Indonesia 🙂

Continue reading

[180\365] Miras Ringan

Ditengah hiruk pikuknya perdebatan pro kontra dengan peredaran miras, saya juga mau berkomentar sih. Bagi yang tidak diperbolehkan mengkonsumsi ya jgn beli. jek enake ngomong lha gimana coba? tinggal dibuat aturannya, beli pake ktp, muka difoto smbl nenteng botol miras pan beres hehehehehehe.

no offense ya para pembaca, semenjak ada peraturan itu saya jadi susah kalu beli. yg saya cari cuma yang ringan2 aja macam mix max, bir bintang, green sands, pu tao cheew. mereka hilang dari peredaran di minimarket juga restoran, depot. Ada beberapa makanan yang setelah menyatapnya eneg terutama yg berminyak setelah minum air haram itu jadi hilang. ada beberapa makanan sebelum digrill disiram air haram jadi harum dan empuk.

emang sih semua peraturan tidak mampu menyenangkan semua pihak tp kan tetap bisa dibuat win win solution.

Maaf buat pembaca yg tidak sependapat dengan saya, its ok. itu hak Anda kok 🙂 ndak usah berdebat kusir. saya toh tidak berdebat dengan Anda.

[179\365] Microsoft Office Specialist

Hi pals! lama tak jumpa dengan kalian, pada postingan kali ini saya cuma mau cerita bahwa minggu lalu saya mengampil ujian Microsoft Office Specialist untuk Word 2010 dan Power Point 2010. Ujian yang saya ambil adalah yang level dasar dulu atau core.

Pada tahun 2013 saya sudah pernah mengambil ujian MOS Word 2010 dengan nilai tipis di bawah passing grade 700. Dalam ingatan saya, dulu saya tidak lulus karena kurang belajar dan Word yang saya gunakan masih 2007. Nah pada tahun ini sebesarnya saya ingin mengambil ujian Word 2013 namun karena ada rekan yang bilang bahwa cukup sulit maka saya tidak jadi mengambilnya. Saya putuskan mengambil ujian W0rd 2010. Ujian kali ini, saya cukup percaya diri karena sudah 2 tahun lebih menggunakan word 2010 sehingga saya yakin bisa lulus. Secara hasil saya akhirnya memang lulus namun secara nilai yang diperoleh belum memuaskan atau malah tidak tercapai targetnya. Saya menargetkan dapat memperoleh skor di atas 800 namun kenyataannya saya cuma dapat skor 792. Mungkin saya kurang teliti dan kurang banyak belajar terutama fitur-fitur yang jarang dan atau tidak pernah digunakan sama sekali. Pencapaian ini adalah kali ke-2 buat saya, yang pertama adalah Word 2007. Ujian MOS ini dilaksanakan secara online, jumlah soal 20 saja yang harus dikerjakan selama 40 menit. Continue reading