[181\365] Sitasi dan Bibliografi Otomatis dalam MS Word

Bagi sebagian orang menulis adalah salah satu kegiatan utama mereka, terutama yang berkecimpung dalam dunia akademis. Dalam dunia akademis tidak pelak mereka dituntut untuk membuat suatu tulisan semisal paper, tugas akhir, thesis, desertasi ataupun membuat sebuah artikel untuk jurnal. Suatu permasalahan muncul karena meskipun sudah lama berkecimpung dalam dunia akademis (lebih-lebih yang masih baru) belum tentu mereka paham dan tahu tentang cara menuliskan suatu sitasi dan atau membuat daftar pustaka/bibliografi. Disini saya tidak akan menerangkan atau menjelaskan sitasi dan bibliografi itu apa. Silahkan dicari pengertiannya sendiri melalui google atau guru bahasa Indonesia ūüôā

Penulisan sitasi, bibliografi banyak sekali gaya atau stylenya, ada style chicago, APA, MLA, Turabian dslb. Boro-boro ngapalin nama-nama stylenya, cara menuliskannya pun juga tidak paham. Nah untuk mengatasi hal tersebut, bila pembaca menggunakan MS Word sebenarnya telah disediakan sebuah fitur yang sangat membantu menulis sitasi dan bibliografi. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut

Gambar 01

 

Gambar 1

Siapkan lembar kerja, lalu pilih menu References, lalu perhatikan pada Citations & Bibliography Groups seperti pada gambar 1

Gambar 02

Gambar 2

Untuk membuat bibliography, Anda harus terlebih dahulu membuat sitasi. Oleh karena itu pilihlah Insert Citation kemudian klik Add New Source seperti pada gambar 2

Gambar 03

Gambar 3

Pilih jenis sumber data/informasi yang akan diinput! apakah buku, bagian dari buku, artikel web, artikel jurnal. Perhatikan gambar 3

Gambar 04

Gambar 4

Perhatikan gambar 4! Bila Anda ingin menuliskan sitasi dari buku, maka pilihlah Book dan isilah inputan yang ada sesuai dengan yang diminta

Gambar 05

Gambar 5

Gambar 5 adalah contoh bila Anda hendak memasukkan data yang berasal dari suatu website/situs

Gambar 06

Gambar 6

Gambar 6 adalah contoh dari suatu sitasi yang telah diinsert dengan style Chicago Fifteenth Edition

 

Gambar 07

Gambar 7

Untuk memasukkan bibliografi Anda dapat menekan Bibliography, perhatikan gambar 7. Bila Anda perhatikan ada beberapa pilihan yang dapat Anda pilih.

 

Gambar 08

Gambar 8

Pada gambar 7, bila Anda perhatikan dan Anda memilih Works Cited, Bibliography maka hasilnya seperti pada gambar 8. Demikian pula bila Anda menekan pilihan Insert Bibliography maka hasilnya sama seperti Anda memilih Biblipgraphy, hanya bedanya adalah tidak ada Header Bibliography! Anda dapat menambahkannya sendiri.

Gambar 09

Gambar 9

Seperti yang saya sebutkan diatas, Sitasi dan bibliografi yang dipilih sebagai contoh adalah Chicago style, Anda dapat merubah style dengan kebutuhan dengan cara klik Style. Perhatikan gambar 9

 

Gambar 10

Gambar 10

Pada gambar 10, style diganti dengan style MLA Sixth Edition

 

Gambar 11

Gambar 11

Bila suatu saat Anda merasa bahwa data untuk sitasi serta bibliografi ternyata salah, maka Anda dapat mengeditnya. Anda pilih Manage Source! perhatikan gambar 11.

Gambar 12

Gambar 12

Pada contoh ini saya akan mengedit Yunita, Ratih. Saya pilih namanya kemudian klik edit. Saya ganti tahun dari sebelumnya 2012 menjadi 2014. Kemudian tekan tombol Ok. Perhatikan gambar 12

 

Gambar 13

Gambar 13

Bila sudah selesai maka akan tampil seperti pada gambar 13, Anda tekan YES kemudian sitasi akan berubah seperti pada gambar 14.

Gambar 14

Gambar 14

Sitasi sudah berubah yang mulanya (Yunita 2012) berubah menjadi (Yunita 2014). Anda dapat menekan tombol close pada langkah ini.

Gambar 15

Gambar 15

Untuk mengupdate bibliografi, Anda dapat mengeser kursor mouse seperti pada gambar 15 ke arah atas dari suatu bibliografi sampai muncul tulisan Update Citations dan Bibliography. Anda tekan saja kemudian semuanya akan berubah secara otomatis

Gambar 16

Gambar 16

Bibliografi telah berhasil diupdate dengan data yang baru. Anda perhatikan, pada baris terakhir dari bibliografi dengan penulis Yunita, Ratih yang asalnya tahun terbit 2012, berubah menjadi 2014.

 

Setelah membaca langkah-langkah diatas saya rasa Anda tidak akan mengalami kesulitan untuk menulis sebuah sitasi, maupun membuat bibliografi atau daftar pustaka karena semuanya dapat dikerjakan dengan mudah dan otomatis. Pada contoh ini, saya menggunakan MS Office Word 2010, saya rasa tidak ada perbedaan yang signifikan antara versi word yang satu dengan yang lain.

Semoga berguna

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s