[179\365] Microsoft Office Specialist

Hi pals! lama tak jumpa dengan kalian, pada postingan kali ini saya cuma mau cerita bahwa minggu lalu saya mengampil ujian Microsoft Office Specialist untuk Word 2010 dan Power Point 2010. Ujian yang saya ambil adalah yang level dasar dulu atau core.

Pada tahun 2013 saya sudah pernah mengambil ujian MOS Word 2010 dengan nilai tipis di bawah passing grade 700. Dalam ingatan saya, dulu saya tidak lulus karena kurang belajar dan Word yang saya gunakan masih 2007. Nah pada tahun ini sebesarnya saya ingin mengambil ujian Word 2013 namun karena ada rekan yang bilang bahwa cukup sulit maka saya tidak jadi mengambilnya. Saya putuskan mengambil ujian W0rd 2010. Ujian kali ini, saya cukup percaya diri karena sudah 2 tahun lebih menggunakan word 2010 sehingga saya yakin bisa lulus. Secara hasil saya akhirnya memang lulus namun secara nilai yang diperoleh belum memuaskan atau malah tidak tercapai targetnya. Saya menargetkan dapat memperoleh skor di atas 800 namun kenyataannya saya cuma dapat skor 792. Mungkin saya kurang teliti dan kurang banyak belajar terutama fitur-fitur yang jarang dan atau tidak pernah digunakan sama sekali. Pencapaian ini adalah kali ke-2 buat saya, yang pertama adalah Word 2007. Ujian MOS ini dilaksanakan secara online, jumlah soal 20 saja yang harus dikerjakan selama 40 menit.

Disamping mengambil ujian Word 2010, saya juga pengin ujian microsoft power point. Terus terang saya jarang menggunakan power point dalam pekerjaan sehari-hari. Saya menghadapi ujian hanya berbekal buku teks dan latian selama 2 hari saja. Singkat cerita ketika menghadapai ujian ini saya cukup grogi dan berdebar karena jumlah soal lebih banyak dibanding word yaitu 40 soal dengan waktu pengerjaan 40 menit. Dua nomor pertama langsung saya lewati/skip karena tidak mampu menjawabnya. Dalam hati cuma mikir duh jek angel e soal iki. 40 menit terlewati dengan 10 atau 11 soal yang saya skip dan akhirnya dengan tak dinyana, saya masih bisa lulus dengan nilai yang ngepress, jadinya Pass dengan nilai yang Pas! bagaimana tidak bila passing grade nya 700 dan skor saya 700!

Saya cukup senang dengan pencapaian sampai sejauh ini dalam mengikuti ujian sertifikasi Microsoft Office Specialist, karena saya sudah lulus Word W010 dan Power Point 2010. Mimpi saya adalah saya ingin mengambil Excel 2010. Ini merupakan sesuatu yang cukup berat bagi saya, terus terang saya bisa dikatakan tidak pernah bersinggungan dengan excel dalam pekerjaan sehari-hari. Bila menggunakan excel pun hanya menggunakan formula yang sederhana seperti bagi, kali, tambah kurang, membuat chart. Tidak pernah menggunakan beraneka macam formula dan fitur yang ada di Excel.

Apakah cuma excel saja yang dibidik? tidak! target saya sih dalam beberapa waktu ke depan saya ingin lulus Microsoft Office Specialist 2010 Expert, nah untuk menuju ke sana jalannya cukup berliku dan terjal. Untuk memperoleh gelar MOS Expert saya harus lulus MOS Word 2010 Core, MOS Word 2010 Master, MOS Excel 2010 Core, MOS Excel 2010 Expert dan salah satu diantara MOS Outlook 2010 atau MOS Access 2010. Biaya yang dikeluarkan pun cukup banyak (tergantung orang ya soal biaya ini, perspektif murah atau mahal tiap orang beda-beda). Untuk 1 item ujian diperlukan paling tidak $30 kalau ikut 2 ujian seperti saya ya $60, bila tidak lulus ya melayanglah uang 60 dolar 🙂

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s