[178\365] [Basket] Bima Sakti

Bima Sakti merupakan salah satu klub peserta kompetisi bola basket semi pro di Indonesia yang ber-home base di Malang. Bima Sakti ini bukan klub besar seperti Satria Muda, Aspac, CLS namun begitu Bima Sakti ini cukup konsisten dalam beberapa tahun selalu menghasilkan pemain yang cukup bagus dan menjadi pemain besar. Karena bukan klub besar dan ambisi yang tidak besar untuk memenangkan kompetisi (bagi saya secara pribadi begitu lah kira-kira) akhirnya banyak pemain yang bagus dan berbakat akhirnya hengkan ke klub yang lebih besar dan lebih menjanjikan secara finansial dan prestasi, sebut saja, Dimas Aryo Dewanto, Andre Ekayana, Bima Arya, Pondsius Komink, I Made Lolik. Mereka-mereka adalah pemain yang tumbuh bersama Bima Sakti.

Meskipun begitu Bima Sakti cukup konsisten untuk selalu maju babak championship series pada era NBL Indonesia. Meskipun lolosnya selalu berada di posisi 8, posisi terakhir untuk dapat lolos ke champ series. Namun hal itu tampaknya tidak berlanjut pada tahun ini. secara hitung-hitungan Bima Sakti sangat sulit untuk meneruskan tradisi lolos ke champ series. Musim ini bagi saya Bima Sakti sangat-sangat buruk dan akhirnya terpuruk. Saya sangat heran dengan permainan, daya juang, mental dari pemain Bima Sakti. Hal ini tercermin dari kekalahan dengan selisih yang sangat jauh ketika menghadapi tim besar padahal rival yang selevel kalahnya tidak sampai sejauh itu. Ini yang bikin gemes sekali.

Permainan Bima Sakti dan mental yang mulai kuat mulai terlihat di seri Semarang, Solo, Jogja dan Bandung. Secara perlahan Bima Sakti bermain dengan baik serta berhasil memenangkan pertandingan. Harus diapresiasi memang namun disayangkan kenapa tidak di awal musim? bukannya tidak mensyukuri hasil yang diperoleh namun sudah sangat terlambat karena kesempatan untuk melaju ke champ series sungguh kecil peluangnya. Pada seri 10 di Surabaya yang merupakan seri terakhir Bima Sakti akan menghadapi tim tangguh, tim besar penghuni 4 besar. Sangat sulit untuk mengalahkan mereka. Saya secara pribadi bukan penggemar berat Bima Sakti namun karena Bima Sakti berkandang di Malang dan sebagai orang Malang tentunya saya punya perhatian juga terhadap Bima Sakti, seandainya Bima Sakti berprestasi, sebagai warga Malang, saya juga bangga pastinya. Harapannya ke depan nanti Bima Sakti bisa mempersiapkan diri dengan baik. Bagi pengurus sebaiknya memikirkan bagaimana supaya berprestasi bukan sekedar pembinaan. Kalau mau pembinaan ya main saja di Kobatama, kompetisi liga basket untuk amatir. Ketika terjun di kompetisi semi pro seharusnya tahu bahwa klub muaranya adalah prestasi. Dengan prestasi maka sponsor datang, pemain bagus mau bergabung tapi semua itu memang perlu pengorbanan dulu.

Saya tunggu kiprahmu di kompetisi basket tahun mendatang!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s