[162\365] Makananan Favorit

Membahas makanan tidak akan pernah ada habisnya, karena setiap saat pasti ada menu makanan baru atau makanan lama dengan varian atau inovasi yang baru. Namun bagi saya setiap makanan yang enak dan favorit adalah yang sifatnya original. Tidak sedikit makanan yang telah masuk ke dalam mulut saya dan saya rasakan serta dikecap oleh lidah. Dari yang banyak itu bolehlah saya bagikan makanan yang kira-kira masuk dalam favorit saya.

1. Pecel
Rasanya ya kalau makan pecel itu tidak pernah bosan. Dulu ketika kuliah dan awal-awal lulus kuliah setiap sarapan menunya adalah nasi pecel demikian juga makan siang milihnya ya pecel, kadang kala makan malam juga pecel. Pecel bagi saya yang penting adalah bumbu dan rempeyek kacang yang harus enak. Sebanyak apapun sayurnya bila bumbu kurang nendang dan atau rempeyek kurang enak atau tidak ada menjadi tidak maknyus. Bagi saya makan pecel bila tidak ada rempeyek makan belum makan pecel.

2. Soto Ayam
Soto ayam disini bukan sekedar soto ayam. Soto ayam sangat banyak variasi, yang terkenal adalah soto ayam lamongan, namun bagi saya, soto ayam yang enak itu adalah soto ayam yang memiliki kuah yang sedikit kental karena ada campuran santan serta diberi taburan keripik kentang. Plus sambal yang banyak diaduk rata minus kecap! irisan ayam yang tidak terlalu banyak dan besar-besar yang ditemani oleh bihun juga telor, rasanya saya sudah melayang bila menyantap soto tersebut.

3. Si0 Bak
Dari namanya mohon maaf ini adalah makanan tidak halal karena setiap makanan atau kue yang kira-kira itu adalah makanan china dan mengandung kata bak seharusnya itu mengandung daging merah alias babi. Mulai dari bakso, bakmi, bakmoi, bakcang, bakpao dlsb. Namun agar semua bisa menikmati makanan yang enak tersebut maka dibuatlah berbagai variasi. Nah Sio Bak ini adalah satu varian menu daging babi yang dipanggang dan dimakan dengan bumbu tertentu. Rasanya yang gurih sungguh membuat ketagihan tiada henti. Bagi yang pengin makan atau mencoba silahkan mencari Sio Kee, Sio Kee ini mirip dengan Sio Bak hanya saja daging yang digunakan adalah daging ayam.

4. Gado-gado
Gado-gado ini merupakan favorit sekali, bagaimana tidak? hampir setiap makan siang menu gad0-gado ini adalah salah satu menu yang paling sering disantap baik ketika waktu kerja maupun di rumah pas waktu libur. Gado-gado bagi saya yang memegang perananan adalah bumbu dan emping mlinjo baru setelah itu adalah sayurannya.

5. Rujak Petis
Wow mendengar rujak petis bagi beberapa orang yang belum pernah makan atau pernah melihat akan terasa aneh. Makanan apa ini, kok warnanya kok hitam begini. Rujak itu yang memegang peranan adalah bumbu kacang dan petis yang digunakan. baru setelah itu komposisi garam, gula dlsb. Rujak Petis terkadang disebut juga rujak uleg atau rujak cingur. Bagi saya sih rujak petis tanpa cingur tidak masalah. Dan rujak petis kesukaan saya itu adalah pakai lontong yang tidak banyak namun sayurannya menggunung plus pedas dengan komplemen krupuk bawang. bisa lupa daratan makan dah.

Gimana sudah pernah makan makananan favorit saya?

Advertisements

3 thoughts on “[162\365] Makananan Favorit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s