[150\365] Pelaporan Pajak

Setelah bertahun-tahun melakukan ritual tahunan yaitu ke kantor pajak untuk melaporkan dan menyerahkan SPT maka tahun ini saya mencoba melaporkan via dunia maya. Penyerahan SPT secara online menurut saya cukup nyaman karena tidak perlu antri dan cukup terhindar dari panas matahari dan air hujan. Pengalaman tahun-tahun kemarin sih begitu.

untuk dapat melakukan penyerahan secara online, sebelumnya kita harus mendaftar efin terlebih dulu KPP dimana kita terdaftar. seingat saya cukup punya email, no telepon/ponsel, NPWP, KTP. seingat saya itu maklum dulu saya tidak mengurus sendiri namun diuruskan sodara. Setelah mendaftar di KPP kita akan mendapatkan kode efin yang akan digunakan untuk verifikasi. Setelah itu tinggal akses saja djponline.pajak.go.id namun bila belum terdaftar harus registrasi dulu di https://djponline.pajak.go.id/registrasi.

Setelah semua form diisi nanti dapat email konfirmasi dari djponline, begitu link konfirmasi diklik udah deh bisa melakukan penyerahan SPT secara online. Secara teori begitu, karena tahun lalu ketika saya mengurus efin sesudah saya menyerahkan SPT di KPP dimana saya harus kepanasan dan kehujanan. hahahaha Jadinya saya belum mencoba untuk mengisi SPT secara online. Di kantor hari ini direncanakan akan ada penyerahan SPT Online secara bersama-sama yang akan dipandu oleh orang pajak. asyik juga tidak meraba-raba bagaiamana caranya, secara terus terang mengisi form 1770 berdasar 1721 itu susah-susah gampang

Leave a Reply

