[126\365] Panjang Usia

Setiap manusia sebagian besar menginginkan umur panjang, bahkan beberapa persen diantaranya mungkin pengin awet muda, sebagian lainnya mungkin pengin immortal seperti Highlander kali ya hehehe. Sabtu kemarin saya dan orang tua diundang oleh kerabat untuk makan malam bersama dalam rangka hari ulang tahun. Usia manusia tidak seperti jaman dulu yang dapat mencapai ratusan tahun. Usia manusia mungkin  sekarang ini 60-70 thn. Bila mencapai usia 80 tahun adalah bonus dan berkat dari Tuhan.

Nah kerabat tersebut (panggil saja Oma) usianya telah mencapai 87tahun. Usia yang sungguh panjang bukan. Yang saya kagumi dari oma adalah kesehatannya yang masih cukup bagus untuk orang yang usianya sudah lanjut. Oma masih kuat untuk bekerja, berjalan, pendengaran dan penghilatan juga masih bagus. Hanya beberapa tahun lalu sempat operasi tulang belakang karena osteoporosis. Hal yang wajar mengingat usianya. Terlepas dari hal itu bila diperhatikan saat ini, sungguh tak terlihat bila dulu oma sempat sakit seperti itu. Oma juga masih sanggup untuk melakukan perjalanan jauh naik mobil misal ke Tulungagung yang jaraknya cukup jauh.

Bila dibandingkan dengan saya, mungkin jauh sekali kondisi kesehatan oma. Jauh lebih bagus maksud saya :). Bila melihat oma, membuat saya bersyukur bahwa orang tua masih sehat meskipun tidak sepenuhnya sehat 100%. Melihat oma juga membuat saya untuk berpikir dan melihat jauh ke depan bahwa sehat adalah harta yang kekal. Bila sehat tidak akan menyusahkan orang lain. Saya harus belajar banyak untuk menjaga kesehatan.

Selamat Ulang Tahun Oma, semoga panjang umur, sehat dan masih sempat melihat dan datang ke pernikahanan saya kelak 😀 Tuhan pasti memberkati Oma, anak, menantu dan cucu. juga ponakan, sodara-sodaranya yang lain.

nb: Oma bukan oma dari orang tua namun Oma tersebut sudah seperti keluarga sendiri bagi kami. kami juga sangat akrab dengan anak-anaknya, menantu, cucu, ponakan beliau, beberapa famili beliau.

Leave a Reply

