[114\365] Sound Card

Masih berhubungan dengan komputer, saya hari ini mau nulis tentang sound card. Jaman dulu komputer untuk mengeluarkan bunyi paling hanya ada speaker dalam saja. Namun itu ada batasnya karena jaman dulu dari PC belum ada yang namanya mp3 dan sejenisnya, memutar film dan sejenisnya maka komputer sebagian besar tidak ada memiliki sound card. Sound card jaman dulu bukanlah kebutuhan utama karena harga komputer sendiri sudah mahal. Sound Card baru dibutuhkan bila ingin bermain games atau melakukan sesuatu yang berhubungan dengan multimedia.

Sekitar tahun 1996-2000, setiap pemilik PC pasti akan butuh sound card karena pada tahun-tahun tersebut PC sudah booming juga dengan kemunculannya mp3 bahkan vcd pun dapat ditonton via PC. Sound Card pada masa itu menjadi salah satu kebutuhan utama karena dapat menghasilkan suara yang bagus, jernih. Ada banyak produsen sound card contohnya Yamaha. Namun yang paling fenomenal adalah creative. Creative awal mulanya bermain di CD ROM. Creative dengan seri Sound Blaster AW64 sangat fenomenal sekali.

Sound card pada masa itu menjadi kebutuhan karena PC jaman tersebut sudah sangat mendukung multimedia terbukti dengan adanya OS Windows besutan Microsoft yaitu Windows 95 yang dilanjutkan Win 98. Produsen motherboard pun mulai menambah fitur sound card secara on board. Nah sound card onboard ini tidak terlalu bagus kualitasnya terutama untuk seri motherboard yang murah. Oleh karena itu sound card external masih sangat laris. Dengan semakin berkembangnya zaman dan teknologi maka kualitas sound card onboard semakin bagus, mampu menghasilkan suara yang jernih. Hasilnya adalah secara lambat laun mulai menggeser sound card external. Sound card sekarang seperti kembali ke akarnya yaitu bukan kebutuhan primer bahkan sekunder.

Ini memang tidak ilmiah namun pengamatan saya, saat ini susah untuk mendapat sound card external. Sedikit produsen sound card external yang memasukkan produknya di Indonesia. Creative rasanya masih bertahan namun tidak banyak toko yang menjual sound card creative. Tidak hanya merk creative sebenarnya namun juga merk yang lain.

Advertisements

3 thoughts on “[114\365] Sound Card

  1. Lebih banyak Graphic Card memang, untuk sound lebih main di eksternal , misalnya ganti speaker plus subwoofer atau jadi 8.1 ditambah lagi misalnya software equalizernya di update

    • iya untuk sound lebih cenderung ganti speaker atau buat gamer pake headset premium. sound onboard sudah bagus jadinya card internal dan external tdk terlalu laku setidaknya di Indonesia. Padahal di luar masih negeri rasanya masih terus produksi produk baru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s