[89\365] Nonik vs Xiǎojiě (小姐) vs Meme

Ceritanya saya mau bercerita tentang pengalaman dari kecil sampai berumur tentang panggilan kepada seorang wanita tionghoa/china. Pada zaman saya masih kecil ketika menyebut Nonik maka itu diasumsikan untuk memanggil seorang gadis keturunan Eropa atau keturunan Tionghoa tp mendapat hak seperti orang eropa (namun sepengetahuan saya lho ya, kebanyakan ditujukan untuk orang eropa). Gadis yang saya maksud disini adalah wanita muda atau gadis muda mulai dari SD sampai kuliahan lah. Nah untuk gadis keturunan Tionghoa biasanya dipanggil Meme jika usianya kira-kira dibawah yang memanggil. Bila sedikit dewasa dan agak lebih tua biasanya dipanggil tacik, cici. Bagi yang usianya sepantaran, belum kenal biasanya nyebutnya xiaojie. Misalnya di mall nyebutnya eh ada xioajie cantik lewat nih. Dulu sepulang kuliah dan kumpul sama teman-teman, ada teman suka bilang ayo rek nang warnet ndek borobudur akeh xioajie ayu2 arek kosayu.

Ternyata dewasa ini, penggunaan kata-kata tersebut mengalami perluasan makna. Tidak hanya bagi orang Tionghoa namun juga dari etnis lain. Bila menyebut anak perempuan sendiri, cucu, keponakan atau bahkan orang lain disebut Nonik. Tidak peduli dari latar belakang etnisnya pokoknya keturunan china, eropa nonik. Kalau jalan di mall ketemu gadis sendirian atau rombongan pasti yang melihat berkata eh ada nonik-nonik. Kata meme seringkali digunakan untuk panggilan kepada adik atau kekasih. Untuk xiaojie sudah jarang terdengar di telinga. Ataukah saya yang sudah kurang gaul jalan-jalan di mall atau kya-kya sehingga tidak mendengarnya lagi.

Apa yang saya tulis mungkin tidak seluruhnya betul ya, itu hanya pengalaman dan pengamatan saya sepanjang yang saya ingat dan tahu. Pengalaman dan pengetahuan orang lain belum tentu sama dan berbeda dengan saya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s