[72\365] Bola Sepak

Sepak bola di Indonesia mempunyai sejarah yang panjang. Membentang sejak masih dikuasai Belanda sampai Merdeka, Sejak masih bernama Hindia Belanda sampai Indonesia. Bila membicarakan masa lalu maka sepak bola mempunyai prestasi yang membanggakan mulai dari raksasa asia, menahan uni sovyet, maupun yang lain. Tidak hanya prestasi yang didapat namun juga aib, malu juga bisa didapatkan, sebagai contoh mulai kasus suap, sepak bola gajah, tersendatnya pembayaran gaji pemain, dualisme pssi dan masih banyak lagi yang lain.

Beberapa hari mendatang timnas senior akan berlaga di Piala AFF 2014. Ini adalah keikutsertaan yang kesekiankalinya, namun dari kesekiankalinya tersebut Indonesia belum pernah juara. Prestasi tertinggi hanya menjadi juara dua, bahkan telah menjadi spesialisasi Indonesia. Prestasi yang dapat dibanggakan lebih bersifat individu, penyerang timnas Indonesia beberapa kali mampu menjadi top skor, ada Gendut Dony, Ilham Jayakesuma dan yang lain.

Sudah sering terpuruk dan nyaris juara, apakah tahun ini timnas senior dapat melepaskan dahaga suporter Indonesia? Tahun ini adalah kesempatan kali kedua bagi Alfred Ridle setelah tahun 2010 gagal mempersembahkan juara. Ekspetasi penggila bola sangat tinggi, mereka berharap bahwa timnas senior dapat menapaktilasi timnas U19. Gelar U19 meskipun level yunior namun dapat membangkitkan semangat dan kegairahan dalam mendukung timnas. Meskipun penggila bola di Indonesia memiliki ekspetasi tinggi namun ada juga yang apatis serta pesimis. Saya secara pribadi sih tetap mendukung dan mengharapkan prestasi dari timnas tapi saya tidak bisa atau tidak mau tepatnya mengharap 100%. Kenapa? supaya jika timnas gagal tidak terpuruk dan selalu berbesar hati, Indonesia biasa gagal, toh ini cuma menambah catatan kekalahan/kegagalan.

Penggila bola Indonesia mestinya bisa belajar dari timnas san marino bahwa suatu hari pasti akan sukses. Mungkin bagi yang belum tahu, Timnas San Marino dalam kualifikasi Euro telah menelan kekalahan 61 kali secara beruntun, dan pada pertandingan ke 62, mereka mampu meraih poin perdana yaitu 1setelah bermain seri dengan Estonia.

Yak mari kita tunggu kiprah timnas senior Indonesia di Piala AFF yang akan dimulai sejak akhir pekan ini tanggal 22 November 2014. Pada pertandingan perdana timnas akan melawan Vietnam. Mari kita berdoa agar Indonesia melaju terus sampai final. kenapa? karena bila tidak lolos semifinal dan final maka RCTI, Global dan MNC Tv tidak akan menyiarkan Piala AFF babak semifinal dan final. ahahhaa. Maju bal-balan Indonesia!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s