[69\365] Internet Coba-coba dengan ProXL

hmm ProXL? apaan tuh? Bagi generasi yang lahir tahun 1990- mungkin ada atau banyak tidak tahu ProXL. ProXL adalah provider telekomunikasi yang menyasar segmen menengah keatas. ProXL ini di kemudian hari bermetamorfosis menjadi XL tanpa embel-embel Pro.

Membicarakan ProXL, saya ada pengalaman tak terlupakan. Pada era tahun 2003 seingat saya untuk dapat berinternet di rumah yang lazim adalah berlangganan dari  provider seperti indonet, wasantara, meganet, maupun atau dapat juga menggunakan telkomnet instan. Dibeberapa kota mungkin terdapat provider yang di kota lain tidak ada, seingat saya seperti meganet hanya terkenal di Malang. Nah pada era itu berinternet melalui ponsel belum populer namun bukan berarti tidak bisa. Terdapat beberapa ponsel yang dapat digunakan untuk berinternet asal sudah ada teknologi wap dan atau gprs. Disamping itu ada beberapa ponsel yang dapat berfungsi sebagai modem.

Antara tahun 2003-2004, saya lupa kepastiannya, saya memiliki ponsel baru yaitu samsung c100. Bagi saya ponsel tersebut sudah cukup canggih karena bisa buat internetan via gprs, sudah poligonik, warna, ada infrared, dapat berfungsi sebagai modem. Pada suatu hari ketika saya mengisi pulsa di gerai xl atau xl center, saya membaca sebuah pengumuman bahwa proxl dapat digunakan untuk internet via pc.

Saya yang biasanya berinternet menggunakan telkomnet instan penasaran banget. Ketika itu saya ingat betul bahwa saya baru mengisi pulsa sebanyak Rp150.000 untuk 3bulan pemakaian. Dengan rasa penasaran saya tulis username, password serta no telpon yang harus dihubungi via modem agar dapat berinternet lewat PC. Sesampai di rumah, saya menyalakan PC butut yang ketika itu masih berprosesor 233MMX. Begitu menyala, saya langsung hubungkan ponsel dengan pc via infrared. Setelah mengeset ponsel lewat PC agar dikenal sebagai modem, saya isikan username, password dan no telponnya. Setelah beres langsung saya konek (klil dial) dan ternyata berjalan dengan lancar, semua tanpa kendala. Saya buka browser, saya langsung berselancar kesana kemari. Saya senang karena cepat dalam berselancar, jauh lebih cepat daripada menggunakan telkomnet instan. Kesenangan atau kegembiraan itu ternyata tidak berlangsung lama. Tidak ada 40menit atau 1jam saya lupa pastinya tiba-tiba saya tidak berinternet. Saya bingung, lha kenapa ini? saya cek ponsel, settingan, kabel infrared, PC semua normal. Keringat dingin mengucur dengan deras menambah kegelisahan dan kepanikan saya. Saya langsung matikan PC. Saya berdiam diri,sejenak. Kok bisa sih tiba-tiba tidak bisa internetan. Entah trus saya ingat sesuatu. jangan jangan jangan jangan, tanpa pikir panjang saya raih ponsel, langsung saya cek sisa pulsa, aih langsung lemes  lutut tak mampu menyangga tubuh rasanya. Ternyata benar dugaan saya, pulsa habis bis. Uang Rp150.000 habis dalam sekejab tidak nyampai satu jam untuk berinternet. Duh pusing banget rasanya, saya merasa jengkel, bodoh kenapa internetan pakai modem ponsel pakai provider GSM. Saya harus puasa tidak berponsel ria selama 3bulan untuk tidak menelpon atau mengirim sms. Yah gara-gara ingin berinternet pakai provider GSM malah buntung, tp saya akui meskipun pakai modem ponsel dan infrared kecepatannya cukup cepat. Dibandingkan telkomnet instan, pakai provider GSM itu lebih cepat dan nikmat. Ya begitulah cerita saya yang tak terlupakan sampai saat ini dalam berhubungan dengan internet dan provider GSM.

6 thoughts on “[69\365] Internet Coba-coba dengan ProXL

Leave a Reply

