[62\365] Hujan dan Air

 

Setelah berminggu-minggu mengalami musim kemarau, akhirnya Kota Malang sudah 2 hari ini diguyur juga oleh hujan. Hujan yang ditunggu-tunggu untuk menyejukkan suasana (tepatnya suhu) yang panas. Musim kemarau ini memang luar biasa, matahari bersinar dengan teriknya. Mungkin juga bersinar seperti biasa, seperti tahun-tahun sebelumnya, namun karena banyak perubahan di bumi akibat ulah manusia maka berakibat pula dengan perubahan cuaca, suhu dan iklim bumi. Sebagai contoh saya tidak perlu mencari jauh-jauh, di rumah air sumur yang diambil dengan pompa meskipun mengalir setelah saya amati ternyata tidak selancar tahun-tahun kemarin ketika kemarau. Contoh lain adalah seorang teman air sumurnya tidak mengeluarkan air, hal ini menyebabkan keluarga harus membeli air untuk kebutuhan sehari-hari (terkadang minta saya air juga 🙂 ).

Pada saat ini air memang masih ada, melimpah namun tidak semelimpah dulu. Sangat penting sekali bagi kita semua untuk berhemat air. Jangan pernah merasa air tidak akan habis meskipun di daerah tersebut ada sumber mata air. Saya jadi ingat betapa susahnya hidup bila tidak ada air seperti yang teman saya alami juga di daerah yang kekurangan air. Air dan udara (oksigen) menjadi salah satu komponen utama manusia untuk dapat bertahan hidup. Makanya berhematlah dan bijaksanalah dalam menggunakan air! Terus apa hubungannya hujan dan air? ya setelah melewati kemarau, hujan pasti akan datang untuk menggantikannya. Bila turun hujan maka bisa dikatakan bahwa stok air tanah akan bertambah (cuma itu saja yang mau saya utarakan :).

eh iya bila turun hujan begini saya jadi ingat salah satu momen masa kecil saya, momen tersebut adalah ketika turun hujan lebat yang disertai angin, saya dan paman duduk di teras rumah sembari melihat hujan, kami makan krupuk/kripik singkong yang biasa disebut miler. Miler bukan sembarang miler tp miler yang diameternya lebar banget (30cm mungkin ada). Ditemani dengan teh hangat ah terasa nikmat sekali menikmati dunia ini.

Leave a Reply

