[60\365] Masalah Pada NComputing

Sebelum melangkah lebih jauh, apakah ada yang belum paham\tahu dengan NComputing? Bila masih ada yang belum paham atau tahu, secara singkat dapat saya jelaskan sebagai berikut. NComputing atau juga dikenal dengan nama Thin Client adalah sebuah hardware yang digunakan sebagai pengganti CPU. H/W tersebut dapat berfungsi sebagai terminal dan user dapat mengoperasikan komputer tanpa HDD, CDROM/DVDROM. Pengguna masih dapat melakukan browsing, mengetik di word, membuat file presentasi, mengerjakan file excel, menonton youtube meskipun tanpa ada CPU.

CPUnya itu semacam virtual. Untuk mengoperasikan NComputing ini diperlukan komputer server, komputer server tidak perlu memiliki spesifikasi yang tinggi cukup komputer pribadi atau personal computer (maksud saya tidak perlu menggunakan spesifikasi komputer server). Digunakannya NComputing adalah demi penghematan enerdi,daya dan dana. Satu buah PC dapat digunakan sebagai server untuk 10 thin client. Kira-kira begitulah penjelasan saya. Jika masih bingung silahkan baca di

1. http://indoasiateknologi.com/

2. http://id.wikipedia.org/wiki/NComputing

3. http://ncomputing.wordpress.com/

Cukup 3 ya sumber bacaannya 😀

Nah berkenaan dengan NComputing ini, beberapa minggu terakhir saya mengalami kendala yaitu bila ada satu thin client sudah logon maka thin client yang lain tidak dapat logon. Pesan muncul adalah: There are too many users logged in. Saya cukup pusing dibuatnya. Setelah browsing kesana kemari disana dimari akhirnya menemukann jawabannya. Jawaban dari masalah tersebut adalah karena update windows untuk remote desktop. Update windows yang berkode KB2984972 adalah inti dari permasalahannya. Cara mengatasinya adalah uninstall update windows tersebut pada menu control panel – programs and features – updated windows (terletak di sebelah kiri atas).

Supaya permasalahan yang saya utarakan tidak hanya dibayangkan dan ada di awang-awang berikut penampakannya:

Tidak Bisa Logon

nah hapusnya disini

photo source: http://wmlcps-its.weebly.com/ncomputing.html
photo source: http://wmlcps-its.weebly.com/ncomputing.html

pilih file update tersebut KB2984972 klik kanan pilih uninstall lalu restart atau reboot komputer server. nah ditempat saya cara ini berhasil 100%. Selamat mencoba

4 thoughts on “[60\365] Masalah Pada NComputing

  1. Wah membantu sekali, saat ini saya sedang kebingunan, mengatasi masalah netcom, ketika saya buka aplikasi yg defaultnya meminta mozila web, lalu di komp satunya ada yg membuka browser mozila tiba tiba mozila saya hilang.
    Cara mengatasinya gimana ya

Leave a Reply

