[53\365] Kopi

Setiap orang yang ada di bumi ini mungkin bisa dikatakan yang tidak mengenal kopi. Bagi orang Indonesia, kopi sudah menjadi trade mark bagi suatu daerah. Ada Kopi Bali, Kopi Medan, Kopi Lampung, Kopi Toraja, sampai yang paling fenomenal adalah kopi luwak. Kopi Luwak merupakan salah satu kopi premium dengan harga yang sangat fantastis. Mungkin karena mahalnya orang Indonesia sendiri mungkin ada yang belum pernah minum kopi luwak termasuk saya sendiri hehehee :D.

Di pasaran ada begitu banyak macam kopi instan yang diproduksi oleh pabrik besar, menengah dan kecil. Kopi dengan berbagai macam rasa dan komposisi ditawarkan bagi para penikmat dan pecinta kopi. Disampin kopi instan juga dijual kopi bubuk asli. Nah ngomongin kopi ini saya terus terang tidak terlalu suka dengan kopi instan dengan berbagai macam rasa dan merk itu. Baik kopi produksi produsen kopi besar, menengah atau kecil. Buat saya kopi seperti itu rasana ndak minum kopi. Rasa kopi tidak terasa karena kalah dominan, belum lagi rasa manisnya, yang menurut saya legit banget begitu. Ditambah lagi apakah yakin gula yang digunakan gula sebenar-benarnya? ditambah lagi harga kopi per sachetnya kok terasa murah sekali.

Saya suka kopi tapi kopi bubuk dan bila diseduh berwarna gelap dan berampas dengan sedikit gula. Nah aroma kopi yang menyeruak dari cangkir sangat menggoda sekali. Saya tidak suka kopi yang manis apalagi terlalu manis. Oh ya saya pernah membaca dan melihat di televisi ternyata kesukaan orang Indonesia itu banyak bedanya dengan orang luar negeri. Di luar negeri kebanyakan suka kopi yang tidak ada ampasnya sementara orang Indonesia sebaliknya, ntah benar atau tidak tapi kalau saya ya seperti yang saya utarakan diatas. Dulu ketika Buyut saya masih ada ketika pulang ke kampung halaman selalu dibuatkan kopi hasil dari pohon kopi sendiri dan disangrai sendiri. Kopi disajikan di cangkir berwarna pekat dan cenderung pahit. Aromanya dari jarak yang jauh saja sudah harum dan menggoda. Tapi bagi yang tidak suka kopi dan atau suka kopi tapi sukanya manis ta tidak nikmat. Ya setiap orang memang mempunyai selera yang berbeda dalam minikmati kopi, Bagaimana dengan Anda?

Leave a Reply

