[46\365] Kabinet

Sebenarnya saya itu malas atau aras-arasan menulis sesuatu yang berkaitan dengan politik, namun melihat dinamika politik selepas pelantikan presiden ya gemes juga sih :). Terus terang saya bukan pendukung fanatik JKW, bukan fanboy, saya hanya mendukung apabila itu perlu saya dukung, saya kritik bila memang perlu dikritik. Bila disebut pendukung rasanya juga berlebihan mungkin lebih ke simpatisan saja. Bagi saya sangat aneh bila JKW dan JK begitu dinyatakan menang pilpres tidak mempersiapkan calon menteri sejak lama. Bagi saya yang hanya orang awam ini melihatnya JKW dan JK tidak benar-benar independen dalam menyusun kabinet. Tarik ulur dengan pendukungnya yang dari parpol atau dari individu-individu atau juga dari lembaga tertentu.

Menurut pendapat saya, seyogyanya JKW sudah menyusun siapa-siapa calon menteri yang dipilih sejak lama dan diajukan secepatnya ke KPK. Nah setiap pos kementerian ada calon menteri yang dicalonkan setidaknya 3 orang untuk ditelusur rekam jejaknya. Dari 3 orang tersebut mungkin diberi prioritas 1,2, dan 3 sehingga bila no urut 1 bermasalah bisa digantikan no 2 begitu seterusnya. Dari apa yang saya dengar dan baca dengar-dengar calon menteri baru diajukan ke KPK untuk ditelusur rekam jejaknya 2 hari sebelum pelantikan. Ketika hasil akhir tidak sesuai dengan harapan Presiden maka pengumuman kabinet beserta menteri batal. Bahkan sampai dua kali, kesannya tidak siap dalam penyusunan kabinet.

Hal tersebut bagi saya menjadi sebuah kontradiksi karena Presiden sudah membuat pernyataan kerja-kerja-kerja. Bila belum dibentuk dan disusun kabinet bagaiaman RI-1 dan RI-2 bisa bekerja dengan baik serta maksimal? Asas kehati-hatian memang perlu agar menteri yang terpilih memang bersih dari korupsi dan berintegritas. Tapi bila kenyataannya seperti ini mungkin perlu dipertanyakan apakah Presiden tersandera oleh pihak atau hal tertentu. Yah begitu saja uneg uneg mengenai kabinet yang ta kunjung diumumkan

Leave a Reply

