[37\365] Euforia Sesaat

Beberapa minggu yang lalu saya pernah menulis mengenai grup yang sedang ngetop atau hits di tanah air. Ya, di tanah air khususnya dunia maya sebuah grup dengan nama Hits form the 80-90’s ngetop ga ketulungan. Dalam waktu singkat sanggup memikat pengguna facebook untuk bergabung. Anggotanya tidak melulu yang lahir tahun 70-80an malah ada yang lahir tahun 90an. Saya sendiri termasuk orang yang antusias dengan grup tersebut. Awal mula mengikuti grup tersebut excited banget, bagai menemukan oase di padang gurun. Rasanya ada bagian dalam hidup ini yang terhilang ditemukan kembali. Mengenang dan merasakan masa lalu kembali sungguh sangat menyenangkan.

 

Namun itu semua hanya dapat dinikmati sesaat saja. Kenapa? Informasi ataupun memori tahun-tahun tersebut menerjang begitu deras bahkan sangat deras. Bagaikan tsunami, memori masa lampau terlintas di otak kesana kemari, menerjang kesana kemari. Informasi/memori yang dikeluarkan hampir sama tidak ada yang baru membuat kebosanan melanda. Akhirnya postingan demi postingan saya stop notifikasinya bila saya menuliskan suatu komen. Tidak cukup komen, akhirnya grup tersebut saya unfollow meskipun tidak leave grup.

Sebenarnya grup tersebut menarik namun kurang tertata dengan rapi dan banyaknya anggota memposting sesuatu yang sudah pernah diposting sebelumnya. Mereka umumnya malas mencari sesuatu untuk mengecek apakah “sesuatu” tersebut pernah dibahas atau belum. Fasilitas pencarian telah tersedia namun karena malas dan pengin cepat, mudah lebih baik post yang baru saja akibatnya yang sesuatu yang sama bisa kembar puluhan kali istilahnya repost. Dan yang menjengkelkan waktu seseorang posting A tidak ada yang menanggapi eh entah satu atau 2 menit kemudian ada yang posting dengan tema yang sama misal A tadi langsung banyak yang menanggapi. Bagi sebagian orang mungkin itu biasa aja kali tapi ada juga yang marah-marah, merasa tidak dihargai 🙂 kalau saya sih cuek saja.

Oh ya kebanyakan yang posting adalah memposting sesuatu dengan sumber dari google, kurang otentik bagi saya. Bagaimana dengan saya? Kalau saya sih berusaha memberikan sesuatu yang otentik, milik sendiri dulu untuk diunggah misalnya game pad, kaset video, kaset tape dll. Membicarakan postingan akan sangat menarik bila dikupas satu persatu misalnya Michael Jackson, lagu dan film apa yang menjadi hits dari era tersebut mungkin orang akan mencoba menjawab black or white, moonwalk. contoh yang lain lagi adalah mengenai film serial televisi Airwolf, mungkin bisa dilontarkan atau didiskusikan Airwolf serial mengenai helicopter tempur, disiarkan di RCTI hari kamis pukul 20.00, pemerannya xxx dan yyyy serta xyz. setiap moment, karya (musik, film), permainan bila dikupas dengan mendalam hasilnya saya rasa akan sangat baik daripada cuma posting eh lagu a,b,c,d,e,f,g ngetop lho di tahun 90. film  1,2,3,4,5,6 sangat terkenal di era tahun 80-an

Akhir kata, bagi saya grup itu menjadi membosankan dan saya hanya mengikuti euforia saja meski hanya sesaat, namun segi positif yang dapat saya ambil adalah saya ada bahan tulisan untuk mengisi blog dengan tema era tahun 80-90an. Saya sih sudah tidak aktif lagi disana dengan meninggalkan PR rencana mau kopdar. gimana mau kopdar bila ga ada yang mau diajak menjadi panitia, ada satu orang yang secara tegas menyatakan kesediaan, sedangkan yang lain hanya sekedar disini saja dulu, disitu dulu tanpa ada pernyataan tegas, ok saya mau jadi panitia, mari kita rembugan, diskusi disini bla bla bla. Maunya hanya terima mateng, ga mau ikut ngolah yo susah. Biarin aja lah mereka mau ngapa, saya jadu pilatus saja cuci tangan :))

Leave a Reply

