[36\365] Mengolah Buku Milik Sendiri

Bila melihat tumbukan buku di dos yang tergelatak di gudang atau tumbukan buku yang ada di lemari, meja membuat hati merasa bersalah. Bersalah karena memperlakukan buku dengan tidak baik. Keingingan untuk menata buku-buku tersebut sebenarnya sudah sejak lama namun belum juga terealisasi. Rasa malas dan aras-arasan sering kali datang menyergap bila hari libur tiba serta ada aja alasan untuk ini itu. Dulu berpikir disampul dulu aja dah, ketika sudah membeli sampul ternyata tidak semua buku disampul.

Ketika akan di beri kode panggil supaya keren seperti di perpustakaan-perpustakaan alasannya tidak punya DDC. Padahal kalau mau bisa juga memanfaatkan DDC online yang ada di dunia maya. Akhirnya pada suatu hari, saya punya DDC meskipun versi Indonesia. Argh ternyata kelakuan buruk pun juga masih bersemayam di hati :D. Punya pemikiran lha kalau sudah diklasifikasi terus mau diapain wong ndak punya printer. ok alasan diterima. Beberapa bulan yang lalu akhirnya sudah mempunyai printer warna baru dan DDC, namun koleksi buku juga belum tersentuh, alasannya ndak punya sears list atau subject heading. Setelah searching kesana kemari dapatlah sears list versi pdf meskipun versi lama.

Anehnya meskipun amunisi sudah cukup lengkap kok ya masih malas dan beralasan untuk segera mengolah koleksi buku pribadi. Harus dengan segera mengumpulkan semangat dan membuang jauh-jauh rasa malas tersebut.

 

Catatan:

1. DDC : DDC singkatan dari Dewey Decimal Classification, digunakan untuk memberi kode pada sebuah bahan pustaka (buku, AV, terbitan berseri dlsb). DDC sekarang ini sudah sampai Edisi 23. Edisi 23 memiliki 4 volume.

2. sears list atau subject heading : Suatu daftar yang berisikan dari subject untuk menentukan isi sebuah buku atau majalah atau bahan pustaka yang lain. Dengan mengetahui subject akan memudahkan dalam menentukan klasifikasi sebuah bahan pustaka

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s