[21\365][80-90] Bioskop – 1

Melanjutkan memori masa lalu, saya membahas mengenai bioskop. Oh ya ada yang terlupa, apa yang saya tulis ini tempat, peristiwa 90% berada di kota malang, maklum lahir besar di kota malang. ntar kl nikah pengin dari kota lain spy bisa relocated ke kota lain ntar pensiun balik lagi ke kota malang –> kalimat ga penting. ahahahha. Ngomongin bioskop, di malang banyak bioskop dari yang mahal/kalangan atas sampai yang model misbar. Tahu kan misbar? yap misbar adalah gerimis bubar. yuk mari saya bahas satu-satu

1. Bioskop Agung

Awal-awal saya masih kecil mengenal bioskop adalah bioskop agung.Bioskop Agung terletak di jalan KH Agus Salim. pertama kali nonon disini adalah bersama mami, opa dan tante. Film apa yang diliat? filmya Suzana bro dan sis, Nyi Roro Kidul hahaha. yang teringat dari film yang saya tonton adalah di akhir cerita ada hujan duit. amazing ga sih, hujan duit gitu lho. Bioskop ini legendaris banget karena usianya sudah cukup tua, disamping itu Om saya dan teman-temannya pernah kerja disana hahahaaha. Tp sayang sekali bioskop ini sudah tidak ada jejaknya. Kalau tidak salah bioskop ini berubah menjadi pertokoan Mitra 1 (ntar saya cek kebenarannya), di deretan bioskop agung seingat saya ada satu bioskop lagi tapi lupa namanya

2. Bioskop Ria

Bioskop Ria ini terletak di jalan Merdeka Utara. Pertama kali nonton disini adalah dengan Om, film pertama yang ditonton adalah Superman II atau Superman III. Bioskop ini juga hanya tinggal kenangan, ntah karena uang lebih berkuasa atau bagaimana tapi yang pasti bioskop Ria berubah menjadi Bank Lippo, yang pada saat ini berubah menjadi CIMB Niaga

3. Bioskop Malang Theater

Bioskop Malang Theater dulu terletak di Jalan Ade Irma Suryani. Film pertama dan terakhir yang saya tonton disini lagi-lagi film Suzana, Ratu Pantai Laut Selatan. Malang Theater hanya tinggal kenangan, sekarang bangunannya berubah menjadi Gedung Bank BTN

4. Bioskop President

Bioskop President atau lebih dikenal President Theater terletak di Jalan Letjen Sutoyo. Saking terkenalnya bioskop ini maka bakso yang terletak di jalan Mahakam (belakang bioskop) mengambil nama Bakso Presiden. Disinilah saya melihat film midnight pertama kali, waktu itu saya masih SD, Saya lupa namanya, jalan cerita film yang saya ingat adalah ketika sebuah kereta api terjebak di hutan yang sedang terbakar. Bioskop ini adalah bioskop yang sering saya datangi karena dekat dengan rumah. Jalan kaki cuma 5 menit ahahaha. Saya menonton film Rambo, Ten Commandments, Warkop, Eagles dan masih banyak lagi disini.

Ketika saya duduk di bangku SMP saya baru tahu kalau bioskop ini adalah milik orang tua dari kakak kelas saya (waktu SMA malah barengan sama adiknya di sekolah yang sama). Bioskop ini berumur panjang dibandingkan dengan yang sudah saya sebutkan diatas. Tahun 90-an lebih President Theater dilego dan berubah menjadi Toserba Mitra 2, namun tahun 2011 atau 2012 kemarin Mitra 2 juga sudah menghilang dan sekarang berubah menjadi Hotel bintang 5.

5. Bioskop Merdeka

Bioskop Merdeka terletak di jalan Basuki Rakhmat, tepatnya di depan Plasa Telkom. Bioskop ini juga salah bioskop yang legendaris di kota Malang. Saya juga sering nonton film disini. dulu tempatnya bagus namun sayang karena kalah bersaing akhirnya bioskop ini pun hilang tertelan jaman. di akhir kejayaannya, bioskop ini sering menayangkan film esek-esek dan banyak waria, pramuria dus ditambah tempat duduknya banyak berkutu 🙂 beberapa tahun yang lalu sempat berubah fungsi menjadi studio musik, foodcenter. Sekarang gedungnya sudah tidak ada lagi, sudah dirobohkan.

6. Bioskop Irama

Bioskop Irama adalah salah satu bioskop favorit orang malang kala itu, mengapa? karena uang tiketnya yang murah tapi, ya ada tapinya filmya yang diputar tidak selalu baru. Bioskop Irama terletak di jalan S. Parman. Seingat saya bioskop irama hidup segan mati tak mau sampai akhirnya peristiwa kebakaran yang membuat Irama menghentikan operasionalnya. Sekarang kalau tidak salah tinggal puing-puing saja.

7. Jaya Theater

Jaya Theater adalah salah satu favorit bagi penggemar film India. Bioskop ini terletak di Jalan Gatot Subroto berseberangan dengan restoran nikmat lezat yang sudah hilang juga. Bagi penggemar film India pasti merasa kehilangan dengan tidak adanya bioskop ini.

yah pada kesempatan ini cukup 7 bioskop dulu yang dibahas, besok dilanjutkan kembali 🙂 nantikan kelanjutan ceritanya ya

lanjutan bagian ke dua

Leave a Reply

