[19\365][80-90] Expo Pembangunan

Setiap bulan Agustus Bangsa Indonesia memperingati hari kemerdekaan yang jatuh pada tanggal 17. Dalam rangka peringatan hari kemerdekaan dulu di kota Malang tahun 80-90an sering dilaksanakan expo. Expo ini dinamakan expo pembangunan. Berhubung namanya expo isinya macam-macam, mulai dari hasil industri, pertanian juga permainan, stan makanan, minuman tak lupa stan dari instansi pemerintah baik sipil dan militer. Permainan yang disajikan hampir sama bila kita datang ke pasar malam (bagi saya sih antara pasar malam dengan expo nyaris ga bedanya). btw ada yang belum pernah ke pasar malam belom? ok saya sebutin ya beberapa permainannya: tong setan, kuda putar, kereta kelinci (odong-odong kalau jaman sekarang) Expo ini biasanya berlangsung selama 2 minggu dan herannya hampir setiap hari ramai yang datang terlebih bila akhir pekan dan hari minggu. Nah pada malam minggu biasanya ada acara tambahan yaitu wayang kulit. Pada hari terakhir expo biasanya ada pengundian kupon masuk.

Membicarakan mengenai expo ga afdol bila tidak membicarakan tempat dimana expo tersebut berlangsung. Jaman tahun 80-90an expo pembangunan dilaksanakan di taman indrokilo. Taman ini terletak di jalan retawu, taman indrokilo ini adalah area tanah luas yang berfungsi tanah resapan bila hujan tiba. Aneh juga sih bila disebut taman karena memang tidak mencerminkan sebuah taman :). Setelah sekian tahun selalu bertempat di taman indrokilo, saya lupa tepatnya tahun berapa expo pembangunan berpindah tempat. Expo pembangunan berpindah di stadion luar gajayana. Nah sejak berpindah tempat inilah maka taman indrokilo juga berubah fungsi. Bekas taman indrokilo sekarang beralih fungsi menjadi perumahan mewah. perumahan elite taman wilis. Ya begitulah bila kekuasaan dan uang bertemu maka apa saja jadi klop 🙂

Ngomongin expo itu yang mengherankan bagi saya adalah diluar tempat expo banyak orang yang jual martabak, terang bulan, serta aneka gorengan, oh ya ada yang hampir lupa yaitu gula-gula arum manis. Jajanan tersebut selalu ada dan banyak yang menyerbu. eits ada yang hampir terlupa lagi, tahu petis dan krupuk upil (krupuk yang digoreng dari pasir) jajanan yang tidak membosankan bagi saya ehheheeh. Seingat saya expo pembangunan terakhir diadakan itu tahun 2002 atau 2003 setelah tahun tersebut entah mengapa tidak diadakan lagi.

Selama expo diadakan apakah kalian mempunyai cerita yang lucu/menarik? saya ada cerita dan ini kejadian sesungguhnya. Cerita tersebut mengenai teman saya, sebut saja namanya Deni dari kencong jember. Dia dan kakaknya pengin banget nonton/lihat expo tapi uang untuk beli tiket kurang. maklum anak kos. nah dia teringat dengan cerita saya waktu saya SD naik bemo. akhirnya dia beserta kakaknya bermuslihat usil, jahil dan curang. Deni dan kakaknya datang ke expo yang bertempat di stadion pas kebetulan malam minggu ada wayang. oh ya kalau hari sabtu malam dan minggu tiket mesti mahal, ntah mengapa seperti itu. singkat cerita deni beli tiket tapi cuma selembar, dan dia menyuruh kakaknya untuk masuk dan bila ditanya tukang tiket bilang saja mburi mas, ambek nduding wong mburi. Kakaknya manut bae, kakak e pas masuk ngomong mburi mas ambek nduding deni. aman kakak e iso mlebu, pas Deni mau masuk disodorin tiketnya tp cuma selembar, tukang tiket bingung. kurang mas, wong mau omonge tiket mburi ambek nduding sampeyan. Deni alasan lho wong mau ta? aku ga kenal, lha wong tas kenalan ndek angkot e. ga ngerti aku arek ngendi. mari engkel-engkelan yo di Deni iso mlebu. Ngono ceritane

 

Bila ingat expo pembangunan ini wah kangen rasanya, kapan diadakan lagi. Ga cuman exponya tapi juga taman indrokilonya itu lo. mudah-mudahan ada lagi expo pembangunan di kota malang

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s