[12\365] Saya dan Basket bagian 1

Basket adalah sebuah olahraga permainan yang dimainkan oleh 2 tim yang saling berhadapan. Setiap tim terdiri dari 5 pemain. Basket pertama kali  diciptakan di Amerika Serikat. Sekelebat itulah apa itu basket. Membicarakan basket, saya termasuk salah satu penggeman bola basket, baik menonton maupun memainkannya. Mengapa suka basket? saya sendiri tidak tahu jawabannya. Sejak kecil (SD) saya suka basket, itu dimulai ketika saya menonton acara olahraga di TVRI programnya adalah Arena Ke Arena atau Arena Olahraga atau Arena Juara (lupa banget judul pastinya) 🙂 . TVRI kala itu menyiarkan NBA walaupun bukan siaran langsung. Saya melihat olahraga ini seru banget. Saya pun juga ingin memainkannya. Tapi apa daya basket bukan olahraga populer kala itu terlebih di sekolah. Di Sekolah, saya hanya diajari bermain bola voli, tenis meja dan cabang olah raga atletik. Sepak bola? ah jangan tanya tidak diajari, teman-teman sudah pasti langsung memainkan olahraga ini.

Yak cukup curcolnya, mari kembali ke basket. Kala saya masih SD, saya ingat betul klub NBA yang berjaya adalah Boston Celtics dan LA Lakers. Diantara kedua klub tersebut saya milih Lakers sebagai klub idola, favorit. Saya juga ga tahu kenapa, bisa jadi ada Kareem Abdul Jabar. Ya Kareem Abdul Jabar adalah legenda bola basket NBA dengan skyhooknya. Bila melihat Kareem main yang saya nanti adalah senjata mematikannya itu. Ada juga pemain lain yang hebat dan legendaris seperti Larry Bird, Dr. J, Magic Johnson dan sebagainya. Waktupun berlalu serta menempatkan saya di usia remaja duduk bangku SMP, waktu SMP meskipun kondisinya sama dengan SD namun ada 2 atau 3 teman yang sama-sama suka dengan basket. Pada waktu pelajaran olahraga dan serta dibebaskan olahraga apa saja. Saya dan 2 teman yang lain pasti main bola basket.

Ketika tahun saya duduk kelas 3 SMP, basket booming dengan kehadiran Michael Jordan dengan Chicago Bullsnya. Teman saya sampai ikut mengumpulkan pernak perniknya. Sudah disinggung diatas kalau saya suka dengan Kareem Abdul Jabar, maka saya pun mencoba dan melatih skyhook. Dan saya bisa sodara-sodara sekalian, senangnya bukan main. Menginjak masa SMA saya juga bermain basket bersama teman-teman. Bermain basket dengan teman yang sama tinggi itu enak sodara-sodara karena skyhook biasanya masuk, jika bermain dengan yang lebih tinggi kebanyakan kena blok. hhahahahahah nasib orang pendek

Jaman SMA heboh banget dengan basket karena TV swasta menyiarkan basket disamping itu juga booming parabola sehingga anak muda jaman itu sudah akrab dengan basket. Pemain-pemain NBA lebih banyak diidolakan seperti Magic Johnson, Jordan, Reggie Miller, Pippen, Rodman, Horace Grant, Menara kembar Spurs (Robinson dan Tim Duncan) dan lain-lainnya dah (bila disebutkan terlalu banyak). Di dalam negeri pun juga kompetisi basket juga menggeliat dengan adanya kobatama, klub-klub legendaris seperti Asaba, Halim, Panasia, CLS, Pasific. Saya mengalami pasang surut kompetisi basket indonesia mulai dari jaman kobatama, ibl sampai yang sekarang NBL. bersambung …

selesai bagian 1

sebagai bonus saya berikan cuplikan dari youtube skyhook dari Kareem Abdul Jabar

Leave a Reply

