[10/365] Aku dan Komputer

Awal mulanya dari postingan di grup yang sedang ngehits sekarang ini yaitu Hits From the 80s – 90s mengenai dunia IT. Membicarakan mengenai IT saya bisa dikatakan cukup beruntung meski orang tua tidak mampu membeli komputer tapi papi saya dulu kerja sama temennya yang punya toko komputer di surabaya. Saya ingat jika musim libur sekolah saya ke surabaya ikut papi ke tempat kerja. Di sana ngapain? namanya masih anak kecil ya main game. Gamenya jangan digambarkan seperti sekarang, jaman dulu game PC yang paling terkenal adalah pacman dan digger. wah senang sekali bro main itu :)). oh ya komputer dulu masih pake disket untuk booting. HDD sudah ada tp jarang dan mahal kapasitasnya pun jika dibandingkan era 2000-an dapat membuat mengernyitkan dahi. HDD jaman dulu tuh seingat saya kapasaitasnya baru 20MB atau 40MB dan itu sudah sangat mewah sekali.

Komputer jaman dulu bongsor-bongsor dikenal dengan istilah komputer XT, layarnya masih monokrom, kalau dinyalakan warnanya ijo. Monitor jaman dulu yang terkenal adalah SPC dan TVM, kalau TVM ada juga yang versi berwarna tapi ya gitu harganya mahal amat amit. printer yang digunakan masih menggunakan pita yang suaranya bisa bikin heboh kalau malam hari. yang terkenal adalah keluaran dari epson dari lx80 smp yang TOP GBT LX800 dan LQ1500. Oh ya mouse belum ada jaman dulu. hardware buatan IBM dan Apple tidak compatible jadinya tidak bisa tukar menukar disket. Saya mengalami dan menggunakan komputer itu semua dari jaman masih SD smp SMA.

Ketika jaman SMA komputer XT sedikit demi sedikit sudah mulai ditinggalkan karena ada komputer baru yaitu tipe AT286,386 dan mulai sudah ada mouse. Saya pertama kali punya komputer sekitar tahun 1994 beli patungan (papi dan 2 orang Oom saya). Komputer bertipe 486 DX2 HDD 540MB RAM 4MB mouse Genius dan monitor merk GTC 14 inch. wah keren banget rasanya :)) komputer tersebut masih ada di rumah sampai saat ini yang tidak ada cuma HDD dan mouse. Setelah saya kuliah dan nyambi bekerja ples minta sokongan dana dari orang tua saya membeli sebuah komputer Pentium 100 dan saya beli printer LX300. Beberapa waktu kemudian saya upgrade komputer ke Pentium 233MMX dan HDD saya jual saya beli Quantum 720MB. Setelah itu saya tidak membeli komputer baru karena merasa sudah cukup dan di tempat kerja tidak terlalu membutuhkan spek tinggi. tapi akhirnya beberapa tahun kemudian akhirnya upgrade lagi karena pengin main FIFA dan PES haahahhaha alasan yang gimana gitu. Komputer yang baru ini mengusung AMD sebagai prosesor yaitu AMD Turion, dan saya menemani saya selama hampir 10tahun :)). PC tersebut adalah PC terakhir saya, dalam keseharian saya mengandalkan laptop saya yang berotakan AMD Athlon.

Beberapa bulan belakangan ini sebenarnya pengin membeli sebuah PC baru, tapi saya lihat komputer lama dan laptop masih dapat saya gunakan dengan baik. Saya tidak terlalu freak dengan game sehingga merasa tidak perlu upgrade komputer, di samping itu saya juga bekerja di luar bidang saya yaitu teknik informatika meskipun dalam keseharian masih utak utik komputer di kantor bila memang ada yang dibenahi (kalau sudah yang berat dan instal ini itu, set up jaringan biarlah departemen IT yang urus hehehehehe). Saya berpikir daripada saya beli PC mending saya beli HDD eksternal dan atau kamera DSLR :))

 

Leave a Reply

