[9/365] Proyek 365

Semestinya postingan ini ditulis diawal-awal ya? tapi ga apa-apalah daripada tidak ditulis sama sekali. Proyek 365 ini adalah proyek menulis selama 1 tahun atau 365 hari. Dari mana idenya? di tempat ngeblog saya yang lama yaitu di MP sering ada tantangan menulis selama 30 hari atau biasa yang disebut meme, sebenarnya tantangan ini tidak hanya di MP namun juga ada blog yang lain seperti blogspot/wordpress. Paling terakhir adalah menyambut piala dunia ada tantangan meme 30 hari dengan tema tentunya mengenai bola. Beberapa minggu yang lalu ketika blog walking kok ada proyek menarik nih, yaitu proyek 365, proyek ini awalnya di flicker yang saya tahu yaitu tantangan fotografi selama 365 hari dan diupload. Rupanya proyek ini diadopsi dan dimodifikasi beberapa blogger yaitu proyek 365 hari menulis. dari situlah awal mula saya mengenal proyek 365 dan saya mencoba beberapa teman, rekan untuk menulis selama setahun.

Sebenarnya tidak ada keharusan selama setahun, bila dirasa 365 terlalu berat bisa saja menggunakan minggu. Mungkin namanya proyek 53 minggu menulis atau apa saja. Intinya adalah memposisikan diri kita untuk secara konstan menulis. Saya sendiri mencoba untuk mengambil proyek 365, bukan sok atau apa sih. Saya ingin mencoba untuk mengasah ketahanan dan kekonsistenan saya, disamping itu siapa tahu skill menulis saya bisa menjadi lebih baik 🙂

Saya sudah memasuki hari kesembilan dan yang sulit adalah menjaga mood agar tetap semangat untuk menulis. Bicara mengenai mood sangat penting juga, saya mengalami di hari ketujuh, saya sudah menulis panjang-panjang begitu saya klik publish entah mengapa tulisan tersebut hilang. Bahkan di backupan juga tidak ada. Apakah karena koneksi internet? itu sangat membuat saya jengkel dan marah. Saya orangnya tidak suka menulis di word dan sejenisnya kemudian di copas ke blog, saya suka langsung menulis di blog trus publish. Mengenai bahan/materi tulisan rasanya saya sampai saat ini ada stok sampai beberapa hari ke depan.

Postingan yang akan ditulis juga tidak diharuskan sekian alinea, sekian kata, meskipun hanya menulis misalnya ” Aku Cinta Padamu …. ” juga boleh intinya adalah menulis. jangan membuat tembok yang akan membatasi diri untuk menulis, karena yaitu seperti yang saya sebutkan menulis perlu mood disamping itu juga perlu waktu dan suasana yang mendukung. Jika waktu dan suasana tidak mendukung ya cukup menulis yang singkat-singkat saja.

ok begitulah awal mula saya menulis proyek 365 ini. yuk ikutan!

Leave a Reply

