[4/365] Statistik Blog

Dalam dunia tulis menulis di blog mungkin saya ini bukan seseorang yang terlalu aktif menulis, dan tulisan saya pun hanya berasal dari apa yang pengin saya tulis bersumber dari apa yang saya dengar, baca, lihat baik diri sendiri, lingkungan kerja, lingkungan rohani, keluarga, lingkungan sekitar saya dan atau yang lain-lainnya. Saya sendiri lupa mulai kapan menulis di blog, dulu waktu jaman MP masih Te O Pe Be Ge Te, saya diajak teman untuk ngeblog di sana namun saya kurang percaya diri, karena dulu saya berpikir saya ga punya lagu untuk diupload, tidak punya scanner untuk scan foto, belum punya camera digital. Alasan-alasan tersebut mengemuka karena saya melihat dan berpikir bahwa MP cuma untuk berbagi foto dan lagu. Mengapa muncul alasan tersebut? dulu saya sering ikut grup berbagi ebook, emagazine untuk mendapatkan/mendonlot itu semua saya harus mengupload ebook, emagazine yang saya punya. Begitu saya upload saya dapat poin, semakin banyak poin semakin banyak ebook/emagazine yang bisa didonlot. Nah saya kira sistem kerjanya di MP sama. Yang sangat ingat betul blog saya yang pertama kali adalah di friendster, setelah itu saya membuat di wordpress dan blogspot, setelah itu baru di MP dan lain-lainnya.

Nah dalam dunia tulis menulis di blog disamping memposting sesuatu, saya suka memperhatikan statistik. Statistik apa? statistik kunjungan, komen, dan lain sebagainya. Bila melihat blog/website orang lain saya jadi merasa rendah diri wah postingannya keren, bagus, gaya bahasanya bagus, teknik penulisannya hebat, yang berkunjung banyak, yang komen banyak. Apalagi dulu pernah seorang kawan berkata kalau blog kamu udah berusia 3 -4 tahun dan tidak menghasilkan sesuatu kamu rugi besar (tidak bisa menghasilkan duit rugi). Saya cuma mengangguk-anggukan kepala saja heheehehe. Bila melihat hal-hal tersebut rasanya tertekan banget, sampai membaca teknik SEO, blogwalking kesana kemari, tinggalkan banyak jejak dan lain-lain. Apa yang saya lakukan ada yang berhasil, ada yang tidak :), kemudian saya berpikir saya membuat suatu blog dan website tujuannya apa? akhirnya saya sadar, saya memposting sesuatu dalam blog/website saya kan cuma mau berbagi apa yang saya tahu, melepas kepenatan jiwa dan raga, luapan emosi, tempat menyampah (curhat), dan bila ada pengunjung muncul, hadir, meninggalkan jejak dengan berkomen atau ada yang mem-follow, bagi saya itu adalah bonus dan saya mengucap syukur.

Saat ini saya tidak lagi memperhatikan statistik dengan seperti gimana gimana gitu, karena saya tahu bahwa saya membuat blog bukan untuk banyak yang komen, banyak yang suka. Blog saya itu gado-gado, campur-campur isinya , kurang berciri khas, kosa kata dan tata bahasanya sering tidak karuan jadi mungkin kurang menarik bagi para penjelajah dunia maya, apalagi saya tidak ajeg menulis blog.  Hasil akhirnya saya senang-senang aja ketika memposting sesuatu di blog. Yap begitulah dulu dan sekarang ketika saya melihat sebuah statistik blog saya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s