Gadget, SosMed, Internet

Hai, hai saya nulis lagi, ah baru juga berapa lama ga nulis rasanya sudah tahunan ga nulis. Kali ini saya mau mengangkat masalah gadget, sosmed, internet. Sebelum berpikir yang terlalu jauh seperti bengawan solo yang mengalir sampai jauh, saya cuma mau mengangkat pengalaman saya dalam bersinggungan dengan ketiga hal tersebut. Saya cukup bersyukur bahwa saya tidak kecanduan gadget dan tidak tergantung pada benda-benda tersebut. Saya memiliki 2 buah ponsel, yah ponselnya ga canggih-canggih amat sih, ponselnya termasuk kategori jadul yaitu samsung e200, dan satunya adalah ponsel android lenovo s560 serta cuma memiliki tablet treq A10c. Membicarakan masalah gadget terutama ponsel, saya itu paling pelit untuk membelinya, untuk membeli ponsel keluaran terbaru dengan fitur dan teknologi terbaru, saya bisa mencari informasi mengenai fitur, harga, review tentang sebuah produk sampai berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Mengapa? karena saya termasuk ketegori orang yang tidak mudah tergoda dan membeli gadget keluaran terbaru meskipun saya mampu membelinya bilamana gadget saya yang lama masih mampu dipakai dan cukup bisa menunjang aktivitas sehari-hari.

Bila membaca gadget keluaran terbaru, dalam hati kecil saya itu pengin banget untuk bisa memiliki tapi saya berpikir untuk apa saya membeli itu semua? apakah hanya sekedar memuaskan nafsu pengin punya? memang butuh banget? terlalu banyak pertimbangan untuk membelinya hahahaha. Saya dulu membeli ponsel samsung karena ponsel saya yang lama rusak ketika kecelakaan motor, maka saya membelinya. Mungkin bagi orang lain samsung saya itu ga canggih tapi bagi saya sudah cukup bagus ada bluetooth, bisa inet meski sebatas EDGE, bisa java, ada memory ext, radio, emang sih kekurangannya ada di kamera tp kan saya cari ponsel bukan kamera atau ponsel berkamera bagus. 

Ketika lagi ngetren android di masa-masa awal lalu, rasanya pengin banget beli, pengin nget-nget, mungkin bisa dianalogikan jika melihat masakan sampai ngeces, ngiler-ngiler gitu kali pengin makan/merasakan tersebut. Tapi sekali lagi dengan banyak pertimbangan dan lain-lain akhirnya saya ga beli-beli sampai si andro udah versi 4.0. Untuk mengatasi rasa penasaran gimana sih rasanya ponsel aroma andro itu, saya beruntung punya teman banyak dan mereka terbiasa untuk membeli teknologi baru dalam dunia perponselan, saya bisa pinjam pakai, colek-colek, pegang-pegang meskipun hanya 10menit sampai 2jaman saja :). Setelah mengetahui rasa dan dalemannya, saya kadang cuma bilang oh bagus ya, keren ya, oh gitu tho, hahahahaha, katrok banget.

Pada suatu hari, adik saya ketrima kerja di surabaya dan laptop saya dipakai dan dibawa supaya ga sepi di kos, di samping itu saya juga jarang banget buka laptop, di rumah ada pc juga tp males juga untuk membukanya. Nah hari-hari pun telah dilewati dan saya tiba-tiba kok pengin sih beli consol game macam PS, xbox, game boy dsj tp kok ya mahal dan cuma bisa buat ngegame doang batin saya. Akhirnya saya memilih membeli tablet saja karena disamping bisa buat main game, juga bisa digunakan untuk nulis, nonton video, mainkan lagu, maupun aplikasi-aplikasi lain dan lebih simpel daripada harus membeli laptop baru (sempat kepikiran juga mau beli lappie baru). Membeli tablet itupun juga pake pergulatan batin juga karena ada beberapa pilihan dari segi harga, spek, merk mulai dari yang murah dan paling mahal.

Hari-minggu-bulan pun berlalu dengan cepat dan ponsel samsung saya sudah semakin tua ditandai dengan baterainya udah mulai sering drop dan hamil. karena kondisi demikian akhirnya mau tidak mau saya membeli ponsel baru. Sebenarnya saya pengin membeli ponsel berOS windows mobile atau windows phone tapi kok ketika membaca review dan ulasan-ulasan di media cetak dan inet kok membuat ciut nyali. Akhirnya sih membeli lenovo sound monster itu s560.

Ngomongin gadget yang saya miliki, saya juga bersyukur bahwa saya tidak nyandu dan bingung ketika ponsel atau tab saya tertinggal atau kehabisan baterai. jangan akhir minggu pada hari biasa jika malam selepas dari kantor sering gadget tersebut saya matikan khususnya ponsel, jika baterai mau habis malah saya matikan saya charge dan baru saya nyalakan esok hari di kantor. pergi kemana-mana lupa tidak membawa juga tidak heboh seperti cacing kepanasan hahahaha. Saya dulu juga tidak mau untuk punya power bank, untuk diketahui saya baru power bank itu lho baru 1.5 bulan yang lalu. hidup tanpa gadget buat saya nyaman-nyaman saja.

Gadget canggih seperti jaman sekarang ini tentu tidak afdol jika tidak membicarakan juga mengenai sosmed dan aplikasi yang lain. Jika ditanya apakah anda punya akun sosmed? saya pasti jawab punya mulai dari fb, twitter, LJ, plurk, tumblr, wayn atau sosmed yang sudah mati macam MP, FS. jika blog dimasukkan bisa tambah banyak yang saya sebutkan. Setelah beberapa lama menggunakan ponsel dan tablet andro, saya itu merasakan bosan dengan itu semua. tab cuma saya gunakan untuk main dan saya mainkan itu cuma game sederhana macam tetris, solitaire, sudoku, car parking, bus parking, permainan jenis lain banyak yang saya hapus. ada beberapa game yang masih ada tapi sudah jarang dimainkan atau malah tidak pernah macam nba jam, nbak12, fifa12, pes dan itu semua tidak pernah saya update atau install game versi terbaru. yang lebih ekstrim bagi saya adalah di ponsel yang ada adalah IG, Twitter, WP, WA, BBM,Line, Flipboard lainnya saya hapus semua dari ponsel hahahaha. bahkan ada bbrp apk bawaan dari ponsel saya disable. Saya jika membuka FB itupun di kantor dari jam 08-17 dan tidak selalu membukanya setiap saat, hanya sesekali.

Gadget sudah, sosmed sudah jika tidak da internet kan rugi. jika dipikir untung rugi maka ya rugi tapi ya ada untungnya juga seperti saya ini ga perlu bingung dana untuk beli paketan data tsb. kalau ngomongin inet dan kecanduan bagi saya itu adalah masa lalu hahaha, karena saya dulu adalah pecandu internet, jaman waktu masih kuliah dan awal-awal kerja. Beberapa kali paketan data saya habis dan saya tidak terlalu pusing, nyantai menanggapi hal itu. ga ada inet saya ga mati, saya juga masih bisa komunikasi meski harus sms, telp. kalau mau akses internet ya di kantor meskipun tetap bebas bertanggungjawab. ehhehehe. maksudnya tau waktu, tidak berlebihan supaya kewajiban bekerja tidak terbengkalai. Seperti saat ini paketan data habis ya udah ga gangguan tang ting tung tong bunyi notif.

inti dari tulisan saya ini adalah saya cuma bilang terima kasih Tuhan, saya tidak menjadi orang yang gila gadget, kecanduan sosmed, dan internet. 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s