Apakah Anda Bekerja di Tempat Yang Salah?

Apakah Anda Bekerja di Tempat Yang Salah?
Oleh Arvan Pradiansyah

Pada suatu waktu saya membaca artikel di majalah SWA tepatnya di kolom Pernik yang mengangkat tema Are You in the Wrong Job?, artikel tersebut sangat bagus buat menyampaikan suatu gambaran bagaimana kita bekerja dengan begitu banyak pergumulan, pergulatan. Berikut intisari dari tulisan dari Arvan Pradiansyah tersebut.

Are You in the Wrong Job? Ketika pertanyaan ini dilemparkan ke floor maka akan ada beragam jawaban tetapi tidak sedikit juga yang tidak mau memikirkannya. Tidak mau menjawab itupun juga menjadi suatu permasalahan, masalahnya adalah pertama tidak ada waktu untuk merenung, kedua menjadi khawatir akan temuan dari jawaban tersebut. Jika memang salah? Bukankah ini akan menjadi suatu masalah yang berkepanjangan?

Jika ditelisik lebih mendalam, menjawab pertanyaan tersebut menjadi penting untuk menemukan kembali kehidupan kita. Sesungguhnya kita diberikan Tuhan suatu pekerjaan sebagai takdir kita untuk dijalani, dikerjakan. Nah untuk menemukan pekerjaan tersebut, kita yang harus mencari dan menemukan pekerjaan dari Tuhan tersebut.

Ada 6 tanda yang menunjukkan bahwa saat ini kita berada di pekerjaan yang salah. Keenam tanda tersebut adalah:
1. Anda tidak menjadi yang terbaik
Tidak menjadi yang terbaik di bidang yang saat ini Anda geluti adalah indikasi dari bidang yang salah. Mengapa? Karena Tuhan menciptakan kita untuk menjadi yang terbaik. Tuhan telah menetapkan suatu grand design mengenai manfaat yang akan kita berikan kepada dunia. Jika kita berada di lingkungan yang salah, maka kita kurang bermanfaat karena semua potensi yang dibutuhkan tidak mendukung untuk itu.
2. Anda tidak menyukai pekerjaan Anda
Anda melakukan semuanya itu semata-mata demi uang. Anda tidak bahagia, namun Anda tidak kuasa untuk menolak atau melepasnya. Hanya melunasi kewajiban, tidak mau bekerja keras apalagi meluangkan waktu untuk belajar sesuatu yang baru.

3. Anda sering merasa malas datang ke kantor
Rasa malas ini sering melanda Anda, terutama bila hari Senin tiba. Rasa malas ini merupakan sebuah tanda atau sinyal bahwa Anda sedang melakukan sesuatu yang tidak ditakdirkan untuk Anda. Anda merasakan datang ke kantor hanyalah suatu kewajiban karena ada sesuatu kekuatan yang mengharuskan Anda untuk pergi ke sana.

4. Anda merasa bahwa keahlian Anda tidak termanfaatkan dengan baik
Jika Anda merasakan hal tersebut maka Anda akan merasa cepat bosan dan merasa kurang berguna. Sejatinya kebahagiaan terbesar dalam bekerja dicapai bila kita menghadapi pekerjaan yang menantang, dan itu membuat kita bekerja, berjuang habis-habisan untuk mencapai kesuksesan. Memang dalam melakukannya menguras energi dan emosi tetapi itu semua membuat kita merasa berharga, bermakna, berarti, berguna dan bermanfaat.

5. Anda tidak suka menceritakan pekerjaan Anda
Anda tidak bercerita karena merasa bahwa pekerjaan tersebut tidak ada yang dapat dibanggakan. Bukan mengenai suasana kantor, atasan, rekan sekerja tetapi benar-benar mengenai pekerjaan, tetapi mengenai pekerjaan, apa yang yang dikerjakan, ide untuk pekerjaan tersebut, interaksi dengan orang lain, klien, pengguna jasa (sebab dan akibat dari pekerjaan tersebut).

6. Anda tidak bisa menjadi diri sendiri
Analogi dari pernyataan ini adalah Anda memakai pakaian yang kebesaran atau kekecilan sehingga Anda merasa tidak nyaman. Atau juga Anda mengenakan pakaian dengan ukuran pas namun tidak serasa antara warna pakaian dan celana atau dengan dasi. Anda seperti memerankan orang lain dalam diri Anda.

Ketika Anda melakukan pekerjaan yang memang ditakdirkan Tuhan untuk Anda, maka Anda merasakan keindahan yang luar biasa. Semuanya begitu indah dan serasi.

 

SUMBER: Diambil dari Are You in the Wrong Job? Karya Arvan Pradiansyah, Majalah SWA Edisi 14 1-9 Juli 2014 dengan sedikit penambahan dan pengurangan.

Advertisements

2 thoughts on “Apakah Anda Bekerja di Tempat Yang Salah?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s