Gua Aku Kamu ELu

Entah mengapa tiba-tiba di pikiran terlintas kata-kata gua elu, aku kamu. Dulu waktu masih jaman SMP ketika ada orang yang ngomong dengan menyebut kata-kata elu gua rasanya orang itu keren, cool, gaul, orang kota. Mengapa demikian? karena kata-kata tersebut identik dengan Jakarta. Jika dipikirkan dan dicermati memang tidak salah juga, karena penduduk kota Jakarta sering menggunakan kata-kata tersebut.

Tapi bagi sebagian orang dari etnis Cina, kata-kata tersebut bukan sesuatu hal yang aneh dan luar biasa. Biasa-biasa aja gitu loh. Semenjak aku kecil, Opa atau Ncek kalau ngomong dan terutama ke aku biasa pakai elu-elu, gua-gua, sehingga tidak aneh serta asing bagi aku untuk mengengar istilah itu. Jaman SMA banyak juga karena aku bersekolah di sekolah katholik dan kebanyakan dari etnis Cina. Nah istilah itu jarang aku dengarkan ketika kuliah sampai lulus, kebanyakan teman-teman yang dari etnis Cina ga pakai gua-elu, mereka pakai bahasa Indonesia gitu.

Selepas lulus sarjana dan kerja di salah satu toko retail di Malang, eh kembali mendengarkan kembali istilah-istilah itu, rekan-rekan kerja kebanyakan dari Cina totok si, jadinya ya kebanyakan pakai elu egu elu gua. Yang aku ingat ada rekan yang namanya Fenni yang berasal dari luar Malang, nah dia ini kalau ngomong paling sering deh pake elu gua elu gua. Malah ada temen yang sampai ngrasani dia, ini orang ngomong ga ada abisnya ngomong elu gua elu gua.

Sekarang ini, sebenarnya juga dari jaman dulu, orang-orang daerah di luar Jakarta agar terlihat keren cool, gaul, modern menggunakan elu gua elu gua. Paling sering yang aku cermati adalah penyiar radio, terutama radio FM, maklumlah jaman ku masih kecil di Malang radio FM cuma baru satu yaitu KBFM yang lain siaran di AM semua. Menurut aku si, daripada mengekor lebih baik tampil sesuai dengan kekhasan sendiri ntah itu bahasa, dialek, adat atau yang lain. Mengapa? karena bagiku itu lebih membumi dan lebih bisa merangkul orang banyak. Saat ini contoh yang dapat dilihat adalah berita Jawa Timur yang menggunakan bahasa khas Jawa Timuran.

ok sekian dulu, tulisan siang dari kota malang yang diguyur hujan lebat

 

13.12.2013-14.03

 

 

Advertisements

4 thoughts on “Gua Aku Kamu ELu

  1. Saya suka kagok dengar yg ber elu gua, apa karena saya besar di kampung yg tidak pernah mendengar ucapan itu ya…??
    Elu Gua jg bisa sebagai tanda keakraban seseorang ya mas.. Tp teteeep kuping agak gatal dengarnya kalau ada yg nyebut saya Elu, mendingan tteh saja, panggilan perempuan untuk orang Sunda asli hehe

    • tanda keakraban? belum tentu juga. selain orang Jakarta, etnis Cina biasane memang menggunakan elu gua. Kalau tidak salah elu gua yang digunakan di Jakarta, Betawi khususnya memang diambil dari sapaan bahasa Cina.

      iya memang lebih nyaman jika menggunakan kata sapaan yang sudah biasa digunakan šŸ™‚

      • kalau belum akrab biasanya digunakan dari orang yang lebih tua ke anak muda. sepanjang pengetahuan dan pengalaman saya sih begitu.

        sama-sama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s