Please, wash your hands!

Kata beberapa orang kebersihan adalah sebagian dari iman begitu yang sering saya dengar. Berkenaan dengan kebersihan itu, saya sempat sedikit memperhatikan orang-orang yang masuk ke kamar kecil aka toilet baik di tempat kerja maupun di tempat-tempat keramaian umum yang lain. Saya memperhatikan hanya di toilet pria saja ya, dan tentunya tidak mungkin saya masuk ke toilet cewek :).

Dari hasil apa yang saya lihat dan perhatikan ternyata hasilnya sama saja yaitu sama joroknya dan sama tidak bersihnya. di toilet tempat daku bekerja dari sepuluh orang yang kuamati hanya 3 orang yang cuci tangan setelah melakukan buang air kecil, sisanya ya langsung keluar.

Minggu lalu tepatnya tanggal 23-24 November 2013 sewaktu nonton basket di GOR Bima Sakti Malang, ketika saya buang air kecil, saya sengaja berlama-lama di toilet dan memperhatikan orang-orang yang keluar masuk toilet. nah di sini lebih parah lagi, dari 20 orang yang saya amati kira-kira yang mencuci tangan setelah buang air kecil hanya sekitar 5 orang.

saya tidak habis pikir dengan mereka, setelah pegang sana-sini terus buang air kecil kok ya bisa-bisanya tidak mencuci tangan?! saya rasa kebersihan tetap harus dijaga dan dipelihara termasuk setelah buang air kecil. kalau tidak salah toilet adalah salah satu sarang sumber penyakit dengan banyaknya bakteri yang ada. maka dari itu cuci tanganlah setelah buang air kecil. khan ga lucu ya setelah pegang-pegang alat kemaluan buang air. terus sret tutup resleting celana terus langsung ngacir. ih jijay tahu ga?!

padahal setelah dari toilet mungkin mereka pegang makanan, minuman, atau pegang-pegang orang lain (mungkin pacar, istri). Bisa anda bayangkan sodara-sodara? tentunya jorok sekali deh ya.
lha saya sendiri gimana? terus terang saya itu termasuk golongan yang paling anti dengan tangan kotor, saya tu ya dikit-dikit cuci tangan. so marilah kita mulai dari diri kita sendiri dengan mencuci tangan. dan jangan lupa ketika mencuci tangan, cucilah pakai sabun kl ga ada sabun paling tidak bawalah sabun cair disinfektan model antis dan teman-teman (*ups sebut merk*) ok Pals, gitu saja tulisan saya mengenai kebersihan tangan 🙂

Advertisements

4 thoughts on “Please, wash your hands!

  1. Sepakat. Please, always wash your hands!.

    Soal kebiasaan di kamar kecil saya jadi teringat sebuah lelucon di buku humor “Mati Ketawa Cara Rusia”, beberapa humornya berbau rasis memang.

    “Seorang spionase mengungkapkan rahasia-nya mengapa ia begitu mudah menangkap orang Yahudi. Ia mengatakan bahwa seharian ia berdiri di luar toilet, mengamati perilaku orang-orang yang keluar dari toilet. Kalau ada orang yang keluar dari toilet trus baru mengancingkan ritsleting-nya setelah di luar toilet, dipastikan ia seorang Yahudi”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s