Teknik Penulisan Artikel – Bagian 2

Halo para pembaca yang budiman,

Pada kesempatan ini saya akan meneruskan artikel saya mengenai teknik penulisan artikel. Pada kesempatan yang lalu Teknik Penulisan Artikel – Bagian 1 saya telah menerangkan pengertian artikel. Nah kali ini saya ulang sedikit dari bagian 1 dan saya tambahkan keterangannya sehingga para pembaca dapat mengingatnya kembali. Silahkan diikuti dan dibaca

________________________________________

Seseorang yang disebut oleh XQP dalam materi seminarnya yaitu Andi Baso Mappatoto mengatakan dalam bukunya yang berjudul Teknik Penulisan Feature (Jakarta: PT GPU,1992) terdapat 6 kesimpulan apa itu artikel, yaitu
1. karya tulis atau karangan
2. karangan non fiksi
3. karangan yang tak tentu panjangnya
4. Karangan yang bertujuan untuk menyakinkan, mendidik atau menghibur
5. Sarana penyampaiannya adalah surat kabar, majalah, dan sebagainya
6. Wujud karangan berupa berita atau karkhas

 

Jenis Artikel
Dalam dunia tulis menulis ada banyak jenis artikel, hal tersebut patut diketahui oleh penulis Penulis sebaiknya sebelum mengayunkan pena atau memukul tuts keyboard komputer/laptop, dapat bertanya kepada dirinya sendiri: Artikel macam apa yang hendak kubuat? Bagaimana gaya dan penulisannya? Pada kesempatan ini sesuai dengan penjelasan Marion van Home dalam bukunya yang berjudul Write on Vision yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Putu Laxman S. Pendit dengan judul Tulislah Apa Yang Kau Lihat pada halaman 42 bahwa artikel dapat dibagi menjadi 7 jenis artikel.

1. Artikel “Bagaimana Caranya,” yaitu tulisan yang bercerita kepada pembacanya. contoh: bagaimana membuat rak buku, bagaimana cara memimpin rapat, bagaimana membuat cerita anak-anak.

2. Artikel Naratif, yaitu tulisan yang bercerita tentang sesuatu yang benar-benar terjadi. Lazimnya artikel ini ditulis dalam bentuk orang ketiga dan berbeda dengan fiksi. Mengapa? karena fakta-fakta yang disajikan adalah demikian adanya bukan khayalan. Artikel jenis ini dapat menghibur, memberi inspirasi. Perjalan hidup sehari-hari adalah sumber informasi yang baik.

3. Artikel Sejarah, yaitu tulisan yang penuh dengan kejadian-kejadian yang menarik dan penting, sehingga inilah ladang yang baik bagi para penulis. Artikel-artikel yang menarik ditulis dengan pandangan yang segar. Para pembaca selalu tertarik pada fakta yang belum umum diketahui orang.

4. Artikel Riwayat Hidup, yaitu tulisan mengenai kisah hidup seseorang yang menarik. Perjuangan atau petualangan seseorang yang terkenal atau seorang pahlawan yang populer dapat menjadi bahan artikel riwayat hidup yang menarik. Pada saat ini buku-buku mengenai Dahlan Iskan atau Buku Habibie dan Ainun dapat menjadi contoh.

5. Artikel Pengalaman Pribadi, yaitu tulisan tentang pengalaman aneh seorang penulis atau teman atau kenalan atau sanak keluarga atau bahkan seseorang yang baru dikenalnya sekalipun. Bila pengalaman-pengalaman tersebut ditulis dengan jelas, para pembaca menjadi sangat tertarik dan merasa terlibat dalam kehidupan seseorang. Artikel semacam ini seringkali sangat menolong pembaca untuk menyelesaikan problemnya sendiri.

6. Artikel Wawancara, yaitu tulisan tentang kesaksian atau pendapat dua orang atau lebih yang didapat melalui proses wawancara. Orang yang dipilih wawancara bisa orang yang memiliki wewenang terhadap suatu subjek yang dibicarakan, dapat pula narasumber tersebut adalah orang yang terkenal/berkompeten sehingga orang lain/pembaca dapat menaruh respek pada pendapat atau ide-idenya.

7. Artikel kebaktian, yaitu tulisan yang ditulis untuk menolong orang bertumbuh secara spiritual. Subjeknya adalah agama dan tempatnya dalam kehidupan sehari-hari. Berhubung penulis adalah beragama Kristen maka penulis contohkan adalah artikel yang menafsirkan sebuah pasal dalam alkitab, atau sebuah artikel yang menceritakan pengalaman orang-orang Kristen. Mungkin bagi agama lain, adalah segala bentuk tulisan yang mengacu pengalaman rohani atau bertolak dari Kitab Suci masing-masing yang membuat pembacanya semakin bertumbuh.

untuk sementara Teknik Penulisan Artikel – Bagian 2 sampai di sini dulu. Pada lain hari akan disambung kembali. sampai bertemu di bagian 3

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s