Absen vs Absensi vs Presensi

Tentunya kita semua tidak asing dengan kata yang tertulis pada judul di atas. Absen, absensi, presensi atau kita tidak pernah/jarang mendengar kata-kata tersebut. Dari ketiga kata tersebut mungkin kata presensi yang kurang familier.

Zaman waktu saya atau angkatan yang lebih tua namun tidak menutup kemungkinan angkatan yang masih muda ketika sekolah atau kuliah sering berkata kepada temannya “nitip absen yo rek”, “eh absenin aku dong”. Hampir semua orang yang disekitaran saya sering mengatakan hal tersebut.

Nah disinilah permasalahan yang timbul, pernahkah kita semua benar-benar mengetahui arti dari kata-kata tersebut. Bila KBBI menjadi acuan kita maka bila kita pernah mengucapkan “nitip absen” “absenin aku dong” ternyata menjadi salah bila dalam pengertian yang kita inginkan adalah tolong dituliskan bahwa saya hadir/berada di tempat.

menurut KBBI masing-masing kata tersebut mempunyai arti sebagai berikut:

1. absen: tidak masuk (sekolah, kerja, dsb); tidak hadir

2. absensi: ketidakhadiran

nah sekarang menjadi jelas khan? bila ada seseorang mengatakan “nitip absen” dong maka bilang saja iya dan langsung ditandatangani di daftar ABSENSI.

Di sini juga ada sedikit kekeliruan dalam membuat suatu daftar kehadiran, sering kali ditulis Daftar Absensi, bila ditulis demikian berarti yang orang yang tanda tangan tidak hadir. Bila hadir maka tidak perlu tanda tangan? apakah cara berlogika saya benar? benar tidak?

Bila yang dimaksudkan adalah daftar kehadiran maka sebaiknya ditulis Daftar Presensi atau Lembar Presensi. Mengapa menggunakan kata presensi? karena kata presensi seperti yang tertulis di KBBI mengandung arti kehadiran.

Setelah mengetahui arti kata absen, absensi dan presensi harapannya, kita dapat menggunakan kata tersebut dengan tepat. Belajarlah bahasa Indonesia dengan baik dan benar jangan hanya bahasa asing saja yang dipelajari dengan baik dan benar.

 

by wp yg sedang belajar bahasa Indonesia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s