Teknik Penulisan Artikel – Bagian 1

Teknik Penulisan Artikel
Bagian 1

Tentunya kita semua pernah menulis sebuah artikel dari zaman SMP sampai kuliah atau bahkan sampai sekarang ketika sudah bekerja. Saya pertama kali menulis artikel ketika waktu smp, artikel yang saya buat adalah artikel riwayat hidup dari seseorang semenjak dia lahir sampai sukses dalam pekerjaannya. Artikel tersebut saya buat sebagai tugas mata pelajaran bahasa Indonesia. Ketika zaman SMA dan kuliah tentunya semakin banyak artikel yang harus dibuat karena tuntutan pelajaran dan mata kuliah. Nah pada saat ini saya akan memberikan sedikit rahasia teknik penulisan artikel. Apakah saya mahir menulis artikel? tidak, saya tidak mahir dalam menulis artikel, kalau belum mahir kenapa mau memberi teknik penulisan, apa tidak salah tuh. Begini saudara-saudara pembaca yang budiman, pada tahun 2003 saya mengikuti Seminar Pembinaan Bidang Media Bagi Jemaat yang berlangsung di Seminari Alkitab Asia Tenggara Malang yang diselenggaakan oleh Literatur SAAT; nah hasil dari seminar itulah yang akan saya bagikan kepada saudara-saudara semua.

Pada waktu seminar tersebut, sesi tentang Teknik Penulisan Artikel dibawakan oleh Xavier Quentin Pranata yang pada waktu itu masih sebagai Pemimpin Redaksi majalah Bahana dan PBR Andi. Karena ini mengenai masalah hak cipta dan hak paten maka tentunya artikel mengenai teknik penulisan artikel yang saya bagikan hanya akan saya bagi inti-intinya saja dan tidak secara menyeluruh.

Bila melihat banyaknya tulisan yang harus dibagikan maka artikel ini akan saya bagi dalam beberapa seri, tanpa panjang kali lebar sama dengan luas maka langsung saja dinikmati.

Intro dari saya
Menurut anda apakah setiap orang adalah penulis? menurut pendapat saya Ya, setiap orang adalah penulis. Alasannya apa? ketika seseorang dapat melihat, membaca, mendengar dan berbicara maka seseorang tersebut dapat menceritakan apa yang dia lihat, baca, dengar kepada orang lain. Nah ketika dia mampu menceritakan suatu hal tersebut tentunya cerita tersebut dapat dialihkan ke dalam bahasa tulis. Hanya saja kenapa sulit untuk menulis? karena banyak orang, termasuk saya 🙂 tidak pernah atau kurang berlatih menulis. Menulis disini dalam artian menulis dengan baik sehingga menghasilkan tulisan yang enak dibaca, berbobot bukan sekedar menulis apa adanya. memang menulis dimulai dari menulis apa adanya, apa yang ada ditulis dengan bahasa dan metode seadanya, sebisanya. Namun seyogyanya setelah itu semua dilalui secara perlahan diharapkan dapat menulis dengan baik; bagaiamana merangkai kata, memilih diksi sehingga tulisan yang ditulis dapat menjadi tulisan yang utuh.

Pengertian artikel

Berikut ini adalah arti menulis artikel bagi seorang Xavier Quentin Pranata (yang akan kita sebut XQP), secara sederhana artikel ialah tulisan tentang suatu masalah, berikut pendapat dan pendirian penulis tentang masalah itu.
Tentunya arti artikel banyak sekali tergantung dari seseorang memandang dan mengartikannya, jika dilihat di KBBI, Webster’s New World Dictionary of Media and Communication berbeda arti.

Seseorang yang disebut oleh XQP dalam materi seminarnya yaitu Andi Baso Mappatoto mengatakan dalam bukunya yang berjudul Teknik Penulisan Feature (Jakarta: PT GPU,1992) terdapat 6 kesimpulan apa itu artikel, yang 3 diantaranya adalah:
1. karya tulis atau karangan
2. karangan non fiksi
3. karangan yang tak tentu panjangnya

selesai bagian 1, bersambung ke bagian 2, bagian 3

Leave a Reply

