Take Home Pay

Sama seperti tahun-tahun kemarin majalah SWA setiap tahun pasti mengeluarkan survai dan hasilnya dilaporkan dalam suatu liputan khusus. Liputan ini selalu menarik saya setiap tahun dan selalu ditunggu kedatangannya, liputan tersebut adalah survai gaji di Indonesia.

Dalam survai itu dipaparkan range gaji dari posisi/jabatan paling bawah sampai dengan top manajer dari berbagai bidang pekerjaan; mulai dari perbankan, F&B, teknologi informasi serta masih banyak yang lain. Bila melihat range gaji yang ada cukup besar, paling rendah sekitar 2,5jt untuk bagian office boy.ย Memang benar survai itu tidak dapat menjadi patokan yang benar-benar pas karena masih banyak tenaga kerja yang mendapat THP yang jauh dari angka yang tertera di survai.

Nah berkaca dari itu terbersit keinginan untuk kembali ke bidang industri, bukannya ga puas dengan yang sekarang tapi bila melihat tabel kok gimana gitu ya. Sebagai perbandingan saja saudara yang baru lulus dan setahun bekerja THPnya sudah hampir 2kali lipat ๐Ÿ˜ฆ gimana ga nyesek tuhh ya. jadinya kalau ada kesempatan dalam kesempitan harus dioptimalkan untuk mencari yang lebih baik. Namanya manusia itu kebutuhan dan keinginan tidak terbatas dan tidak pernah puas tapi dari sekian banyak itu ada beberapa want dan need yang saya rasa patut untuk diperjuangkan.ย Paling tidak want dan need itu terpenuhi ketika sudah pensiun nanti dan tidak tergantung kepada orang lain. Masih ada waktu 20 tahun lagi untuk mengejar need dan want itu tp harus dimulai dari sekarang jika tidak rasa-rasanya akan terlindas tertelan oleh zaman.

Setiap usaha tentunya dimulai dari langkah pertama, dan saya sudah mengayunkan langkah pertama itu dan semoga ayunan langkah selanjutnya juga dapat saya ayunkan dengan segera.

Advertisements

16 thoughts on “Take Home Pay

    • Soal survey gaji yg setiap tahun ditampilkan di majalah SWA hal itu pernah dibahas di forum portalhr.com bahwa informasi tersebut sebenarnya menyesatkan karena ternyata perhitungannya sudah memasukkan unsur-unsur seperti THR, gaji ke-13 (bonus tahunan), jaminan kesehatan yg diuangkan, rata-rata lembur, dll… jadi kalo digabung dg gaji pertahun maka jelas akan tinggi banget saat dibikin rata-rata per bulannya, sehingga kesannya jauh dari kenyataan.

      Informasi sesat seperti itu yg bikin mereka yg sudah mapan menjadi sedikit “terusik” dan “gerah” ๐Ÿ™‚

      • oalah, pantes… kudunya kenyataan dilapangan aja bulanannya
        trus ditambahi keterangan, belum termasuk uang thr, gaji ke13, jaminan kesehatan, dsb.
        bener… bikin gerah dan bingung. hahahaha…

        jadi kudunya dibagi sekitar 15 – 18x gaji ya… bukan 12 gaji. kurang lebihnya

      • @Iwan: tp di majalah SWA ditulis kok sudah termasuk tunjangan ini itu cuma yg aku belum perhatikan adalah masalah THR atau gaji ke 13 itu. kl dimasukkan ya jadi besar juga sih ๐Ÿ˜€

      • @Febby mestinya dibagi lebih dari 12 bulan baru benar.

        tp ngomong2 tunjangan kl THR itu kita dapetnya cuma THP doang minus uang tunjangan macam uang makan dan transpor atau THP plus uang makan dan transpor ya? di t4ku minus uang makan dan transpor ๐Ÿ™‚

    • Apalagi gaji pns bupeb, br tengah bulan udah abis. Lg semangat mau buka usaha nh biar ada pemasukan tambahan.. ๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s