Logical Question

Tahun yang lalu saya mempelajari llmu logika dan diantara beberapa pertanyaan yang saya hadapi harus dijawab terus terang saya tidak dapat menjawab karena saya tidak mengerti logika apa yang dipakai. mungkin pertanyaan ini mudah bagi beberapa orang tetapi cukup sulit buat saya.

mungkin kapasitas otak yang berbeda juga pengalaman. sedikit saya share pertanyaan-pertanyaan tentang ilmu logika ini. pertanyaan ini tidak ada yang mampu saya jawab ada juga yang tidak. saya cuma ingin berbagi pertanyaan tentang ilmu logika sehingga kita semua semakin tajam dalam berpikir dan menganalisa suatu masalah. kata temen saya yang Ph.D. yang dapat menajamkan manusia adalah manusia. inilah sebagian dari pertanyaan tsb.

1. ada 21 ekor burung di pohon, seorang pemburu berhasil menembak sepertujuh diantaranya. berapa ekor burung yang tersisa di pohon?

2. anda memiliki 2 buah pensil. yang satu murah yang satu lagi mahal. yang mahal 1000rp lebih mahal dari yang murah. untuk membeli kedua pensil tsb anda hanya butuh dana sbesar 1500rp. brp harga masing-masing pensil tsb? 3. seorang ayah baru saja memetik apel dan dia membawa pulang 6 buah apel di keranjangnya. di rumah, ia memanggil ke 6 anaknya, dan membagi apel secara adil dan rata kepada setiap anaknya. ternyata di keranjang tsb masih ada sebuah apel. bagaimana mungkin?

catatan: si ayah tidak memotong ataupun memecahkan apel-apel tsb.

yah itulah sebagian dari pertanyaan tentang logika yang saya pelajari. next time saya akan bagi pengalaman tentang hal ini. thx

Leave a Reply

